[quote type=”center”]Ketika buah hati demam, Anda begitu paniknya dan berpikir bahwa dengan membawanya ke dokter maka masalah akan selesai.[/quote]
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]K[/dropcap]ecemasan terjadi karena orangtua kerap meanggap demam bukanlah gejala penyakit melainkan sebagai sebuah penyakit yang harus disembuhkan. Padahal demam merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi.
Demam, didefinisikan sebagai meningkatnya suhu tubuh hingga 38 derajat C atau lebih. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan pada ketiak, dubur ataupun mulut dengan menggunakan termometer raksa atau termometer digital.
bijak demam
Apa yang harus dilakukan ?

  1. Mengembalikan nutrisi serta cairan yang hilang sejak timbulnya demam. Hal ini dilakukan dengan pemberian carian (banyak minum).
  2. Kenakan pakaian yang nyaman.
  3. Hindari kompres dengan es batu, air dingin atau alkohol. Gunakan air hangat untuk mengompres.

Upaya penanganan awal demam tanpa menggunakan obat-obatan tertentu umumnya cukup efektif bila demam tidak terlalu tinggi. Pemberian obat penurun panas seperti parasetamol atau ibuprofen bertujuan menurunkan suhu tubuh sehingga anak merasa nyaman.
Step by step atasi demam
Langkah pertama atasi demam adalah memberikan obat penurun panas yang tersedia dalam bentuk tetes (drop) dan sirup. Bagi bayi usia dibawah setahun biasanya lebih mudah diberikan bentuk drop sedangkan bagi anak di atas usia setahun dapat diberikan dalam bentuk sirup.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version