Baca Artikel sebelumnya : Bila si Kecil Kidal #1
Pada perkembangannya, anak kidal cenderung mengalami pemaksaan untuk menggunakan tangan kanan dalam aktivitasnya. Paksaan dari guru, orang tua, saudara, atau bahkan ejekan dari teman sebaya dapat mengaburkan dominasi fungsi otaknya. Anak kidal yang diharuskan menulis atau melakukan keterampilan dengan tangan kanan dapat menjadi frustrasi sehingga hasil karyanya tidak optimal atau tidak sebaik jika ia menggunakan tagan kirinya. Alkisah di Kerajaan Inggris, George V memaksa anaknya yang kidal, George VI, dengan mengikat tangan kiri anaknnya agar sang anak menggunakan tangan kanannya untuk beraktivitas. Akibat kesalahan dalam didikan ini, George VI pun menjadi gagap.
 
Kapan orang tua dapat mengetahui anaknya kidal ?

  1. Sejak bayi orang tua sudah dapat mengenali anak kidal saat anak aktif bergerak. Paling jelas terlihat setelah anak berumur 2 tahun, ketika keterampilan bermain menggunakan tangan dilakukan anak.
  2. Perhatikan tangan mana yang digunakan untuk meraih mainan yang diletakkan di depan mereka, tangan mana yang digunakan untuk menyisir, menggosok gigi, makan, maupun menggambar.
  3. Anak kidal biasanya mengaduk dengan arah berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
  4. Refleks tangan kirinya lebih cepat dibanding tangan kanannya.
  5. Anak dipastikan kidal setelah melewati usia 5-6 tahun, di mana anak telah bereksplorasi dengan kedua tangannya dan terlihat tangan mana yang akan lebih banyak ia gunakan.

 

lazytechguys.com

 
Tips: Bila si Kecil kidal

  1. Latih anak untuk menggunakan tangan kanan. Misalnya dengan meletakkan benda-benda di tengah  seperti sendok ketika makan sehingga merangsang anak untuk megambilnya dengan tangan kanan. Beri pujian ketika si kecil dapat meraih atau melakukan sesuatu dengan tangan kanan.
  2. Hindari terlalu sering menasehati anak, karena anak justru akan membentengi diri dan menolak sama sekali.
  3. Janganlah menegur anak di depan orang lain, jika ia telanjur menggunakan tangan kiri. Beritahu setelah tidak ada orang lain. Kita dapat melatihnya dalam 1-2 bulan, namun jika hal ini malah menimbulkan masalah dan anak kesulitan dalam beraktivitas, maka biarkanlah si kecil mengikuti kecenderungannya.
  4. Dukung anak untuk beradaptasi. Memang peralatan di sekitar kita lebih banyak didesain untuk tangan kanan seperti gunting, mouse  komputer,kamera, meja gambar, dll. Namun saat ini sudah ada toko yang menjual alat untuk digunakan oleh tangan kiri. Anak kidal pasti bisa menyesuaikan diri dengan dukungan penuh dari orang tua.
  5. Terangkan kepada guru anak Anda di sekolah tentang keadaan si kecil sehingga tidak ada pemaksaan untuk menulis dengan menggunakan tangan kanan. Bukankah sulit jika kita yang terbiasa menulis dengan tangan kanan diminta untuk menulis dengan tangan kiri ?
  6. Hindari memberinya julukan; seperti si kidal, kebot, dll, karena akan berefek buruk pada konsep dirinya saat menyadari perbedaan dirinya dengan teman sebaya. Rasa malu ataupun rendah diri akan timbul yang akan mencapai puncaknya pada masa remaja.
  7. Ajaklah anak Anda mengetahui bahwa banyak tokoh-tokoh dunia dan orang sukses yang ternyata juga kidal; seperti milyuner dan raja komputer Bill Gates, komponis Mozart, pelukis Pablo Picasso, Leonardo da Vinci, Benjamin Franklin dan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Melatih anak untuk mengaktifkan tangan kanannya boleh-boleh saja. Idealnya, kita memang senantiasa menyeimbangkan kemampun otak kiri dan otak kanan kita. Bukankah melakukan sesatu dengan kedua tangan lebih meringankan? Namun janganlah bersifat memaksa. Anak membutuhkan dukungan dan kasih sayang orang tuanya, kidal bukanlah suatu permasalahan besar. Anak kidal mungkin akan mengajari Anda sebagai orang tua tentang bagaimana beradaptasi. 
Referensi :

  1. Bishop DVM. Handedness and developmental disorder. London:Mac Keith Press;1990. Hal. 1-47.
  2. Stellman SD, Wynder EL, De Rose DJ, Muscat JE. The epidemiology of left-handedness in a hospital population. Ann Epidemiol. 1997;7:167-71.
  3. Curtis H, Petrinovich, Lewis F. Left-handedness. Psychological Bulletin. 1997;84:385-404.
  4. Natsopoulos D, Kiosseoglou G, Xeromeritou A, Alevriadou A. Do the Hands Talk on Mind’s Behalf? Brain and Language 1998;64:182-214.
  5. Binder, J. The new neuroanatomy of speech perception. Brain123(12), 2371-2 (2000).
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version