[pullquote]Tren perawatan kesehatan tubuh dan kecantikan saat ini begitu beragam serta datang silih berganti. Satu cara alami yang sering terlupakan adalah cara yang mungkin paling sederhana : Makan buah![/pullquote]
Sejarah buah menjadi “senjata” pendongkrak kecantikan sudah menjadi cerita sejak zaman Cleopatra. Nah, mengapa tidak Anda mengikuti jejaknya. Terlebih Indonesia kaya dengan buah-buahan tropis yang sarat manfaat.
Intip kandungannya, yuk!
1. Vitamin dan Asam Folat
Vitamin A dan C pada buah penting untuk proses penyembuhan dan regenerasi kulit. Vitamin C berperan dalam pembuatan kolagen yang penting untuk kulit, gigi, dan gusi yang sehat. Asam folat penting untuk wanita usia subur dan ibu hamil agar janin menjadi sehat.
2. Serat
Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker usus besar. Serat yang banyak terkandung dalam buah juga membantu menyerap serta membuang racun dari dalam tubuh. Bagi yang sedang berdiet atau ingin menurunkan/menjaga berat badan, serat pada buah membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dengan asupan kalori yang lebih rendah.
3 Mineral
Kalium dalam buah seperti pisang, melon, dan jeruk membantu menjaga tekanan darah, mencegah penyakit jantung, menurunkan risiko stroke, dan cegah pembentukan batu ginjal.
3 Cara terbaik makan buah

  1. Buah segar adalah pilihan terbaik karena kandungan seratnya lebih banyak dibanding dengan jus buah atau buah kering. Pada umumnya buah disajikan sebagai makan pencuci mulut, akan tetapi potongan buah yang disajikan sebelum makan membantu merangsang produksi enzim yang dapat mengoptimalkan fungsi pencernaan.
  2. Buah juga baik dikonsumsi diantara waktu makan, karena buah pada umumnya rendah glycemic index (GI), artinya lebih lama dicerna sehinnga membantu menstabilkan kadar gula darah dan tingkat energi.
  3. Pada umumnya, ahli gizi di negara-negara berkembang menganjurkan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur sehari, termasuk di dalamnya buah kering, buah kalengan atau jus buah. Asalkan tidak ada penyakit penyerta seperti diabetes melitus, lebih banyak makan buah lebih baik.

Ingin kulit cantik ?
Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk krim anti penuaan, atau krim pencerah wajah, 4 macam buah berikut dapat membantu memberikan kulit cerah bercahaya.

1. Pepaya
Mengandung beta karoten, asam folat, flavonoid, kalium, magnesium, dan vitamin C untuk pembentukan kolagen. Serta berisi protein yang menjaga kekencangan kulit.
2. Alpukat
Kandungan asam lemak tak jenuh/mono unsaturated fatty acid atau juga dikenal dengan asam lemak “baik” membantu menjaga dan mengembalikan kelembaban kulit.
3. Stroberi
Kaya akan vitamin C dan antioksidan, komponen yang membantu melindungi sel tubuh, termasuk kulit dari kerusakan akibat lingkungan seperti polusi, makanan, dan obat-obatan. Antioksidan membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan antioksidan pada stroberi lebih tinggi dibandingkan dengan anggur atau tomat.
4. Pir
Kaya akan serat larut yang membantu menyerap toksin dari dalam tubuh yang dapat merusak kulit.
Adakah buah yang ‘jahat’ ?
Ada beberapa anggapan bahwa buah tertentu tidak baik dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes. Memang benar ada beberapa macam buah yang kandungan gulanya lebih tinggi dibanding dengan buah yang lain, tetapi tidak ada satu macam buah pun yang buruk untuk kesehatan, hanya saja memang porsinya harus disesuaikan. Buah yang mengandung lebih banyak gula di antaranya pisang, mangga, sawo, dan nangka. Sebagai pedoman takaran saji yang aman untuk penderita diabetes adalah: ½ pisang ukuran sedang atau ½ buah mangga.
Tip tambah konsumsi buah

  1. Tambahkan potongan buah di waktu makan: sarapan, makan siang, dan malam.
  2. Tambahkan buah kering sebagai snack di kantor atau bekal sekolah anak.
  3. Siapkan potongan buah dalam lemari es sebagai camilan siap saji untuk seluruh keluarga.
    • Buatlah frozen fruit juice dengan bentuk menarik sebagai pengganti es krim untuk anak
    • Irisan lemon dalam botol air minum untuk menambah rasa segar dan asupan vitamin C.

Terakhir, cuci buah secara seksama dengan air mengalir & keringkan sebelum dikonsumsi. Jangan lupa pisahkan buah dari daging/ayam/seafood ketika berbelanja atau menyiapkan makanan untuk mencegah kontaminasi. Yuk, makan buah!

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version