Anak susah bangun? Yuk, siasati agar ia mau santap sahur

Kalau orang dewasa saja terkadang susah mengalahkan rasa kantuk untuk sahur, apalagi anak-anak yang baru belajar berpuasa. Jangan putus asa, ayo ketahui caranya.
Rata-rata anak- anak berusia 6-10 tahun memiliki rutinitas yang cukup tinggi. Ketika ritme tidur maupun makan berubah secara total maka anak memerlukan adaptasi perilaku. Kemampuan anak yang belum berkembang sempurna, membuat anak butuh waktu untuk beradaptasi dalam menghadapi perubahan ritme tersebut.
Terlepas dari proses adaptasi anak saat puasa. Membangunkan sahur akan menjadi PR tersendiri bagi para ibu selama bulan Ramadhan. Tetapi segalanya akan tertangani baik apabila Ibu tahu tindakan apa yang perlu diambil.
Kapan harus sahur?
Bagi ibu membangunkan anak untuk sahur ada baiknya tidak terlalu mendekati jam imsak. Setidaknya sediakan waktu sekitar 30 menit untuk anak. Lima belas menit untuk membangunkan anak dan 15 menit untuk makan. Ketika anak dibangunkan sekali tidak merespon terkadang ibu harus bersabar dan kembali membangunkannya ulang. Setelah anak membuka mata jangan langsung diminta sahur. Berikan waktu sejenak agar ia merasa siap untuk beranjak dari tempat tidur.
Menyangkut masalah sahur, ibu harus bersikap fleksibel. Ibu harus benar-benar sadar dengan tujuan ibu membangunkan anak. Ibu ingin mengajak anak berpuasa dan sahur adalah komplimentari. Jadi ketika anak menolak sahur. Ibu tak harus memaksa. Cukup mengingatkan kemungkinan yang dapat terjadi apabila anak tak bersahur adalah ia tak akan tahan berpuasa selama sehari.
Tip membangunkan anak

  1. Sebelum tidur atau kalau perlu sehari sebelumnya anak sudah diingatkan jika ia ingin puasa, maka ia harus bangun sahur.
  2. Usahakan agar anak tidur tidak terlalu malam agar tidak mengantuk saat harus bangun untuk sahur.
  3. Hidangkan makanan kesukaan si kecil.
  4. Sebagai teman sahur, coba nyalakan TV yang menayangkan acara tausiyah atau acara pengisi saur lainnya agar si kecil mau bangun.
  5. Berikan reward berupa pujian di depan keluarga lainnya apabila ia mau sahur.

Selamat mencoba.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version