[pullquote]Keluarga bahagia ini terkenal sebagai keluarga yang sangat menjaga kesehatan. Baik Sang Ayah, Erwin Parengkuan, Sang Bunda, Jana G. Parengkuan dan keempat buah hati mereka, memiliki pola hidup sehat yang patut ditiru. Bagaimana cara mereka menularkan kebiasaan sehat pada anak? Simak di sini ceritanya…[/pullquote]
Kesehatan keluarga berawal dari makanan yang sehat. Itu sebabnya Erwin dan Jana membiasakan pola makan sehat ini, bahkan sejak dini. Erwin mengaku bahwa kebiasaannya memiliki pola makan sehat ini merupakan hasil ‘didikan’ dari ibunda tercinta. “Ibu saya terkenal health freak! Saya ingat zaman saya kecil dulu, tidak boleh mengonsumsi camilan ber-MSG, makan gorengan, minum minuman bersoda atau makanan dalam kemasan,” tuturnya.
 
Untunglah Sang Bunda pandai memasak, sehingga Erwin pun terbiasa dengan makanan rumahan yang lebih sehat. Mengingat masa-masa ini, Erwin termotivasi untuk menurunkan pola makan sehat ini pada anak-anaknya. “Kesehatan itu sangatlah penting, mahal dan harus dijaga sejak dini. Kami banyak mengonsumsi makanan rendah lemak, buah dan sayur, makanan seperti itu banyak tersedia di rumah kami,” ucap pengemar sup tomat ini panjang lebar.
Bisa karena terbiasa
Apa pasal Erwin dan juga Jana begitu menjaga pola makan dan hidup sehat keluarga mereka? Ternyata, Erwin tidak ingin keluarganya mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Erwin dan Jana pun memberi contoh dengan konsisten tidak mengonsumsi junk food. “Memang awalnya anak-anak sempat tidak suka makan sayur. Tapi karena saya dan istri selalu memberi contoh dan anak-anak tidak ada pilihan, akhirnya mereka mau makan juga,” jelas pengajar di sekolah komunikasi TALKinc ini lagi. Itu sebabnya sang buah hati; Giulio (14), Marcio (11), Abielo (7) dan Matacha (4), menjadi terbiasa berpola makan sehat.
Meskipun menerapkan makanan sehat, bukan berarti mereka tidak bisa sesekali makan di luar. “Biasanya kami makan di rumah makan bisa seminggu dua kali, atau kami phone order. Tiap weekend adalah our guilty pleasure, keluarga bisa makan martabak manis tanpa gula dan susu (karena sudah manis dari taburan cokelat dan tepung adonannya), makan bakmi dan pangsit rebus bukan goreng, ini adalah ‘cheating day’ buat kami, hahaha… ” tutur pria bertubuh atletis ini terbahak.
artis
Olah tubuh pun perlu pembiasaan
Selain terkenal menjaga pola makan, presenter berlesung pipit ini terlihat tetap bugar dan sehat dengan aktivitasnya yang super padat. Untuk menjaga tubuh tetap bugar, memasuki usia 43 tahun ini, Erwin dan Jana lebih peduli lagi dengan kesehatan. “Saya selalu rutin berolahraga, bawa bekal nasi merah untuk makan siang dan sekotak besar buah-buahan untuk camilan. Saking inginnya mengajak masyarakat hidup sehat, saya, istri dan dr. Samuel Oetoro, SpGK melahirkan buku Smart Eating di awal 2013, dan syukurlah… pertengahan tahun sudah jadi national best seller,” cerita Erwin bangga.
Kebiasaan berolahraga ini juga ia terapkan pada buah hatinya. “Sudah jadi risiko mereka punya ayah seperti saya ini, berat badan mereka harus ideal. Jadi, saya juga mengajak mereka rutin berolahraga. Kami sering melakukan outdoor activities seperti jogging, berenang, dan lain sebagainya,” tutur presenter senior yang pernah kena kritik lantaran sangat anti makanan kemasan ini.
Lahirnya The Baked Goods
Terlahir dari kegemaran dan kemahiran sang istri membuat kue, dua tahun lalu pasangan selebriti yang selalu tampil kompak ini membuka The Baked Goods Cake Shop. Selain menawarkan citarasa alami, The Baked Goods juga memiliki keunikan menjual kue-kue asal Cekoslovakia.
“Semua produk di cake shop kami terbuat dari bahan-bahan asli pilihan, tanpa menggunakan pengawet, ekstrak tambahan, dan pewarna. Beberapa bahannya bahkan ada yang khusus diimpor dari luar negeri, seperti kacang-kacangan, muesli, dan beberapa buah-buahan. Pasti terjamin kualitasnya,” jelas Erwin berpromosi. Saat ini, mereka sudah mampu memproduksi kue yang dapat dinikmati oleh para penyandang diabetes.
Selalu dekat dengan anak
Padatnya kesibukan membuat baik Erwin maupun Jana harus pintar melakukan penyesuaian dan bekerjasama agar anak tetap ada dalam pengawasan. “Jika saya harus bekerja dan mereka libur, saya ajak anak-anak untuk melibatkan diri dalam pekerjaan atau kegiatan kami, termasuk magang di kantor,” kata seleb yang juga berbagi ilmu memasaknya pada acara Anakku Expo 2013 lalu ini sambil tersenyum.
Wah, tidak hanya menjaga kesehatan mereka, rupanya pasangan ini juga ingin anak-anaknya belajar sesuatu di saat liburan sekolah. Bravo Erwin dan Jana!

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version