Dear dr. Hardiono,
Anak saya usia 5 tahun dan sekarang duduk di bangku TK-B. Belakangan ini di sekolah anak saya dikatakan sulit berkonsentrasi, dan mengganggu kegiatan belajar mengajar, karena sering dianggap mengganggu teman-teman sekitarnya.
Apakah anak saya bermasalah dalam perilakunya Dok? Gangguan apa yang dialami anak saya? Mohon penjelasan. Terima kasih.
Bintari Junaedi
Bogor
=======================================================================================
Ibu Bintari Yth,
Kemungkinan anak ibu mengalami gangguan perilaku. Gangguan perilaku amat beragam, salah satunya adalah attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Tiga karakteristik utama gangguan ini, yakni:
1. Inatensi (kesulitan memusatkan perhatian)
2. Impulsivitas (kesulitan menahan keinginan)
3. Hiperaktivitas (kesulitan mengendalikan gerakan)
ADHD merupakan gangguan psikiatrik dan perilaku yang paling sering ditemukan pada anak. Prevalensi ADHD diperkirakan sekitar 4-12% di antara anak sekolah.
Orangtua dengan anak ADHD biasanya baru berkonsultasi ke dokter ketika anak mulai bersekolah, dengan keluhan seperti yang ibu kemukakan di atas. Anak tidak mampu memberikan perhatian untuk waktu lama, mudah terpengaruh oleh stimulasi lain, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan atau permainan, tidak mendengar dan mematuhi instruksi, sulit mengorganisasi benda-benda miliknya, atau mengatur aktivitasnya, sering lupa, dan ceroboh, serta sulit mengikuti acara TV sampai selesai.
Sedangkan impulsivitas dapat berupa impulsivitas motor, anak selalu berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lain. Impulsivitas verbal atau kognitif terlihat berupa sikap terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum mendapat informasi. Mereka cenderung menyela pembicaraan, terbentur pada seseorang atau tidak sengaja merusak pekerjaan orang lain. Ciri lain adalah kegagalan untuk mengikuti perilaku yang dibatasi oleh aturan. Mereka sulit mengikuti aturan permainan, aturan sekolah, dan aturan umum dalam kehidupan sehari-hari dan dalam hubungan dengan teman-temannya.
Biasanya di sekolah, anak-anak dengan gangguan ini cenderung tidak bisa diam. Di saat anak lain duduk manis, anak dengan gangguan ADHD memanjat dan berlari berlebihan.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version