Dokter Wina,
Putri saya usia 8 tahun, gigi geliginya masih sangat terjaga baik. Belum ada satu pun yang gerigis. Di satu sisi saya bangga karena berhasil menjaga kesehatan giginya, tetapi di sisi lain saya khawatir. Apakah nantinya tidak menghambat pertumbuhan gigi permanen? Saya pernah denger Dok, kalau kondisi seperti ini bisa menyebabkan gigi tumbuh berdesakan. Benarkah?
Riza Oktavia
Pulo Nangka, Jakarta Timur
Yth Ibu Riza,
Gigi susu yang sehat tentu akan menghasilkan gigi tetap yang sehat, karena anak telah terbiasa dengan menyikat gigi dengan baik dan mempunyai pola makan yang sehat dan seimbang. Jadi jangan khawatir. Justru kalau gigi susunya banyak berlubang, gigi tetapnya pun cenderung bermasalah. Seharusnya anak Ibu berumur 8 tahun, sudah ada gigi tetap yang muncul, paling tidak 4 gigi. Mohon Ibu periksa apakah anak sudah mulai berganti gigi.
Masalah dengan gigi tumbuh berdesakan adalah masalah yang lain sama sekali dengan gigi berlubang/gerigis. Beberapa anak memang mempunyai masalah dengan rahang yang sempit sehingga gigi berjejal, mempunyai orangtua yang giginya berjejal sehingga diturunkan pada anak, atau gigi susunya tidak tanggal sesuai waktunya sehingga gigi tetapnya tumbuh bertumpuk dengan gigi susu. Jadi jangan khawatir, keberhasilan Ibu menjaga kesehatan gigi anak akan berakibat baik ke depannya.

Share.

No Comments

  1. Salam kenal,
    Saya mau sharing walau mungkin beda umur anaknya beda. Anak pertama saya, waktu memasuki umur 1 tahu 6 bulan juga tidak suka mengunyah.
    makanan hanya disimpan di mulutnya (diemut). tapi saya tetap memberikan makan seperti biasa (tidak saya lembutkan lagi).
    kemudian, saya memeriksakan kondisi anak saya di klinik Anakku – kelapa gading. Harusnya bertemu dengan dr. Luh, namun karena dr. Luh saat itu berhalangan praktek, anak saya ketemu dr. Hardiono. Oleh dr. Hardiono kami diberikan informasi terapi yang dapat kita lakukan sendiri. Alhamdulillah…. setelah rutin mengikuti terapi, anak saya mau mengunyah. Terima kasih ya dr. Hardiono.
    Sekarang, walau sesekali ada anak saya mengemut, itu saya perhatikan karena jarak waktu minum susunya dengan makan dekat, sehingga anak saya masih merasa kenyang susu, jadi males ngunyah.

Leave A Reply

Exit mobile version