[box type=”info”]Dear dokter Wina,
Dok, anak saya usia 3,5 tahun amat gemar menggunakan giginya untuk membuka  bungkus makanan atau permen. Ini dilakukannya secara otomatis. Sudah berulang kali saya melarangnya, namun sepertinya sudah menjadi kebiasaan. Bahkan pada bungkus makanan yang agak tebal.  Apakah ini akan merusak giginya Dok? Mungkin dokter punya saran jitu untuk mengatasi kebiasaan ini. Saya tunggu sarannya ya Dok. Terima kasih.
Hessy R.F. Jakarta Barat. [/box]
Yth Ibu Hessy,
Memang apa yang sudah menjadi kebiasaan seringkali sulit untuk dihentikan, apalagi Ibu juga tidak bisa memantau dan melarang anak secara terus-menerus.
bonding
Sebetulnya akibat dari perbuatan ini tidak begitu parah, email gigi amat kuat sehingga kemungkinan untuk patah karena kebiasaan ini amat kecil. Tapi gigi bisa menjadi sedikit aus (permukaan gigi tampak menjadi rata) karena kebiasaan menggesekkan gigi atas dan bawah secara berlebihan.
Saran saya, coba sediakan gunting kecil di dekat Ibu meletakkan makanan cemilan anak. Jadi, begitu anak mengambil makanannya, Ibu atau yang lain dapat membantu membukanya dengan bantuan gunting tersebut. Bila cara inipun tidak membantu, saya sarankan coba Ibu minta dokter gigi untuk menjelaskan apa yang bisa terjadi pada anak Ibu dan menunjukkan gambar gigi yang aus, kadang-kadang kalau orang lain yang menjelaskan maka anak lebih mendengarkan.
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version