[box]
Dear Drg. Wina,
Anak saya duduk di kelas 1 SD, sedang gemar-gemarnya menyikat gigi, bahkan lebih dari yang disarankan (2 kali sehari). Dia bisa sampai 5 kali menyikat giginya. Selain itu Dok, dia sangat gemar  berganti-ganti pasta gigi. Lihat iklan A, langsung minta dibelikan, lihat iklan B demikian juga. Apakah ini tidak apa-apa Dok? Mohon saran. Terima kasih.
Meike G.H.
Bogor
[/box]

 
Dear Ibu Meike,
Wah, sepertinya anak Ibu mempunyai nilai kebersihan diri yang tinggi ya. Sebetulnya menyikat gigi 5 kali sehari tidaklah berbahaya bagi gigi maupun gusi, terutama karena bulu sikat gigi untuk anak yang sekarang tersedia di pasaran umumnya lembut. Hanya saja jadi pengeluaran lebih untuk Ibu, karena semakin sering dipakai tentu bulu sikat pun mekar lebih cepat sehingga lebih cepat pula perlu diganti terutama dengan kebiasaan gonta-ganti odol itu.
Berganti-ganti merek pasta gigi juga tidaklah berbahaya bagi anak dan pasta gigi umumnya mempunyai masa kedaluwarsa yang panjang.
Walaupun begitu, coba Ibu terangkan dan tegaskan bahwa sebaiknya apapun dipakai sampai habis saja, supaya lebih hemat. Kalau masih demikian sering menyikat gigi, pakaikan seoles tipis saja pasta gigi supaya anak juga tidak berlebih dalam pemakaian fluor pada gigi.
Demikian, semoga membantu untuk si Kecil yang sedang gemar-gemarnya membersihkan gigi!

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version