Di usia muda Joanna merasakan suka duka mengurus anak. Namun toh ia masih punya waktu untuk me time.

Kalau saat ini banyak pasangan menikah di usia matang dan membatasi jumlah anak. Berbeda dengan Joanna Alexandra (30 th) – Raditya Oloan Panggabean (33 th). Pasangan artis ini memutuskan menikah di usia muda dan mengurus ke- 4 anaknya sendiri.
Berangkat dari ibu pemula
“Waktu masih baru punya anak. Saya sempat merasa bingung kalau mau tanya dan sharing perihal anak. Teman-teman seusia saya masih pada kuliah dan berkarir. Komunitas ibu muda belum banyak. Jadi paling tanya sama mama,” ungkap Joanna mengawali ceritanya menjadi seorang ibu.
Seiring berjalannya waktu, Joanna lebih memahami bagaimana menjalankan tugasnya menjadi ibu. Mulai dari bangun hingga mau tidur kegiatan Joanna tak lepas dari urusan anak. Mulai menyiapkan sarapan, memandikan anak, menemani belajar hingga membacakan dongeng sebelum tidur, menjadi tugas rutinnya sehari-hari.
Bersama sang suami Raditya, Joanna juga berdiskusi tentang pembagian tugas merawat anak. “Tiap malam sebelum tidur kita selalu ngobrol tentang perkembangan anak-anak dan tentang apa yang harus dilakukan besok,” jelas Joanna.
Menurut Joanna, selama ini sang suamilah yang betugas mengantar jemput dua anaknya Zuriel Paris Jedidiah Panggabean (10 th) dan Zeraiah Moria Phinehas Panggabean (7 th) ke sekolah. “Kalau saya sudah repot ngurus yang nomor tiga dan si bungsu. Apalagi si kecil memerlukan penanganan khusus karena mengalami campomelic dysplasia dimana ia harus rutin terapi dua kali seminggu,” tambah Joanna.
Kakak siaga
Zoey Havilah Salajena Panggabean (2 th) dan Ziona Eden Alexandra Panggabean (1th) memiliki jarak usia lumayan jauh dari kakak-kakaknya. “Terkadang si sulung protes mengapa mama selalu sama adik. Saya beri pengertian tentang kondisi adiknya yang untuk ganti popok saja masih butuh bantuan mama, lagi pula adik butuh penanganan khusus.”
Bersyukur dengan pengertian yang diberikan Joanna, kedua anaknya yang besar akhirnya mengerti dan bahkan kini mau membantu menjaga adiknya ketika Joanna sedang sibuk. “Ziona masih mendapat ASI, saya harus memompa 3 kali sehari. Kalau saya sedang memompa biasanya kakak-kakaknyalah yang menunggu Ziona. Kalau Zoey ada baby sitter,” cerita Joanna.
Memilih keluarga
Menurut Joanna hingga detik ini karena kesibukannya sebagai ibu empat anak, ia tak lagi sempat membagi waktunya untuk syuting. ”Terakhir saya syuting saat anak masih dua. Begitu punya anak empat sudah tidak sempat lagi, meski tawaran selalu ada. Saya fokus mengurus keluarga dulu,“ ungkapnya.
Di luar urusan keluarga ataupun syuting Joanna juga menceritakan bagaimana ia menyiasati  waktu untuk ‘me time’ yang salah satunya adalah perawatan tubuh. “Ketika anak-anak sedang tidur atau ada yang bantu jagain, saya mencoba untuk me time dan rileks. Untuk perawatan tubuh saya panggil orang salon untuk perawatan di rumah,” jelasnya.
Untuk menjaga kesehatannya, Joanna sempat melakukan diet karbo dengan mengurangi asupan karbohidrat. “Tetapi tidak lama karena ternyata diet karbo berpengaruh pada produksi ASI yang menjadi berkurang,“ ungkapnya menutup obrolan.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version