[quote type=”center”]Setiap orang  tua menginginkan anaknya sehat.[/quote]
 
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]A[/dropcap]nak yang sehat dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal sehingga menjadi generasi penerus yang sehat. Penyakit infeksi, yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, maupun parasit,  merupakan sumber penyakit yang membahayakan. Pada tahun 2002, penyakit infeksi menghabiskan anggaran hingga $120 miliar dan menimbulkan lebih dari 160.000 kematian di Amerika serikat.
Cara pencegahan penyakit infeksi yang telah banyak kita dengar adalah imunisasi. Dengan mengikuti jadwal imunisasi kita bukan hanya melindungi tubuh si kecil namun juga lingkungan sekitar dari penularan penyakit infeksi.
Selain imunisasi, sebenarnya banyak hal mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit infeksi. Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu cara yang paling baik untuk mencegah penularan penyakit. Mencuci tangan menghilangkan mikroorganisme yang didapat dari lingkungan sekitar seperti orang lain, permukaan benda yang kita sentuh, hingga binatang.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan di tempat penitipan anak, kebiasaan mencuci tangan dapat menurunkan angka kejadian diare serta infeksi saluran pernapasan atas hingga 25%.  Satu hal yang harus diingat ialah: Mencuci tangan yang efektif ialah menggunakan sabun dan air atau jika tidak tersedia dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
Selain tangan, kita juga harus menjaga kebersihan peralatan rumah tangga di rumah. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah membersihkan piranti makan buah hati Anda, seperti botol susu, piring makan, sendok,  dan gelas. Pilih pembersih yang tepat agar seluruh kotoran dapat tersapu dengan baik. Hindari menggunakan wadah/talenan yang sama untuk makanan matang dan mentah.

Pada beberapa ruangan seperti dapur dan kamar mandi terkadang tidak cukup dibersihkan menggunakan sabun namun perlu dilakukan disinfeksi (membunuh kuman) menggunakan disinfektan. Hal ini terutama penting bila seseorang menderita diare, selesma atau influenza.
Bagi mereka yang menyukai binatang, binatang peliharaan sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan secara berkala serta mendapatkan imunisasi sesuai ketentuan sehingga tidak menularkan penyakit terkait binatang. Binatang liar sebaiknya dihindari karena dapat menjadi perantara untuk penularan penyakit.
Lindungi si kecil dan seluruh keluarga dengan menjaga kebersihan rumah serta piranti makan sebagai suatu rutinitas rutin di keluarga Anda.
Pastikan kebersihan piranti makan si kecil :

  1. Sebelum menggunakan botol susu/piring makan/gelas/ sendok si kecil pastikan kondisinya dalam keadaan bersih dan kering.
  2. Sesudah digunakan, bilas dengan air bersih, pilih pembersih yang aman (bebas) zat kimia dan bahan lain yang membahayakan. Bersihkan sampai sudut-sudut yang seringkali sulit dibersihkan. Bilas kembali dengan air bersih.
  3. Keringkan dengan alat atau biarkan kering dengan sendirinya.
  4. Simpan di tempat yang kering dalam keadaan tertutup

Referensi :

  1. http://www.cdc.gov/
  2. Roberts L, Smith W, Jorm L, Patel M, Douglas RM, McGilchrist. Effect of Infection Control Measures on the Frequency of Upper Respiratory Infection in Child Care: A Randomized, Controlled Trial. Pediatrics. 2000; 105; 738-42
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version