[quote type=”center”]Orang tua sering panik jika anaknya kehujanan. Benarkah kehujanan membuat anak sakit? Sebaiknya anda baca artikel ini.[/quote]
 
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]S[/dropcap]ebagian besar orang tua percaya, kehujanan dapat membuat anak sakit. Mulai dari demam, influeza, atau diare. Bahkan, air hujan yang turun untuk pertama kalinya setelah musim kemarau panjang dianggap mengandung sejumlah penyakit. Padangan ini memang sangat wajar, sebab tak sedikit anak-anak yang jatuh sakit setelah behujan-hujanan. Tapi, jika benar kehujanan menyebabkan anak sakit, mengapa banyak pula anak-anak yang tetap sehat walafiat setelah asyik bermain bola di bawah guyuran air hujan?
Fakta yang sebenarnya
flu-6-1_anakku_0112
Apa yang terjadi saat anak anda kehujanan? Mereka pasti kedinginan karena tubuhnya basah kuyup oleh air hujan. Saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh anak sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlau drastis. Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatannya pun terganggu. Hal ini disebakan virus komensial, yaitu virus yang hidup bersama di dalam tubuh anak menjadi patogen atau ganas. Sehingga timbulah berbagai penyakit.
Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam. Seperti influeza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal. Umumnya, penyakit yang lebih mudah timbul adalah penyakit yang sedang marak (baca: sedang musim) pada waktu anak kehujanan. Tetapi, sakit yang diderita anak umumnya tidak terlalu parah. Bahkan, dapat sembuh tanpa pengobatan atau hanya dengan semangkuk sup panas dan baluran minyak kayu putih ke seluruh badannya.
Jadi, sebenarnya kehujanan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada anak bila daya tahan tubuh mereka cukup baik. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua tidak terlalu protektif. Biarkan sesekali anak berhujan-hujanan. Hal ini baik agar tubuh anak membangun daya tahan terhadap hujan (baca: suhu dingin).
Tetapi, anda perlu berhati-hati pada anak asma dan alergi. Kehujanan bisa memicu kambuhnya asma dan serangan alergi. Berupa gatal-gatal, batuk, atau bersin-bersin. Begitu pula pada anak-anak yang mengidap penyakit kronis. Kehujanan bisa menurunkan daya tahan tubuhnya dan penyakitnya bisa jadi lebih parah.

Setelah berhujan-hujanan mintalah anak untuk:

  • Mandi dengan air hangat, sebaiknya di guyur dari atas kepala hingga ke ujung kaki.
  • Kenakan pakaian hangat, sebelumnya anda dapat mengoleskan obat gosok
  • Berikan makanan atau minuman hangat
  • Minta anak bertirahat, dapat dengan tidur atau sekadar berbaring sambil menonton televisi
  • Untuk mengatasi kekhawatiran anda, periksa suhu tubuh anak dengan termometer 2 jam setelah anak berhujan-hujanan.
Share.

No Comments

  1. susah ya kl punya anak kecil pasti maunya main air dan ujan. biasanya abis main air dan ujan anak sy keringkan dgn handuk, kasih minyak telon, kasi baju yg hangat dan susu yg hangat. untung jg susunya ada nutrivitnya shg daya tahan tubuhnya OK jd jarang sakit

  2. waduh..
    kalau bisa sih jangan sampai kehujanan.. he2..
    tapi kalau masih kecil, mungkin bisa didukung dengan asupan yang bisa membangun daya tahan tubuh.. 🙂
    contohnya si kecilku itu.. lepas dari ASI eksklusif, kasih sufor yang bernutrivit.. 🙂

  3. Wah terima kasih udah share post nya. Saya sebagai ibu jadi lebih aware dan tau musti gimana saat anak main hujan atau kehujanan. Untungnya anak saya skr jarang banget sakit, udah gak kayak dulu. Sejak anak saya ganti sufor, dia jd cenderung aktif, pintar dan jarang sakit krn susunya memang tinggi nutrivitnya dan vitaminnya lengkap. But just in case, this post is very useful. Thanks so much for sharing 🙂

  4. irene.widasti on

    walaupun hujan hujanan anakku jarang sakit krn selalu aku berikan susu yang bernutrivit yg dapat menjaga ketahanan tubuh

  5. iya anak saya juga sejak minum anmum jd ga gampang sakit jdnya kl dia mw hujan hujanan ya terserah aja tp ada batasnya juga sie

  6. iya anakku juga biarpun cuacanya ga nentu gini tapi dia jarang sakit lhoo….soalnya susunya ada nutrivitnyaaaa heheheh

  7. aku sejak ganti susu anakku yg pake nutrivit anak ku juga jarang sakit tu bunda.. biasanya abis brenang pasti pilekkk nahh semenjak sufornya gantii anmum ga pernah lagii hehehh seneng bgt dehh.. eh ga mksd promo cm share pengalaman aja lho…

  8. iya d cuaca yg ga tentu gini emang paling takut kalo anak sakit yahh tp untungnya susu nya anakku ada nutrivitnya.. yg ikin dia ga gampang sakit

Leave A Reply

Exit mobile version