[pullquote]Menyusui selain sebuah aktivitas yang mulia dalam pemberian nutrisi terbaik bagi bayi, ia pun menggandeng beragam ‘kesulitan’. Nah, ibu menyusui tak sendiri, ada banyak komunitas yang peduli akan ASI siap menemani. Ayo berkenalan![/pullquote]
Dikutip dari situs resmi Sentra Laktasi Indonesia, terdapat data bahwa dengan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) kematian bayi berkurang 8,6%. Asupan ASI Eksklusif, membuat kematian bayi berkurang 13% dan dengan makanan pendamping ASI (MPASI), kematian bayi berkurang 6%. Faktanya adalah sebanyak 3 dari 4 ibu memang ingin sekali menyusui bayinya, namun 2 dari 3 ibu mengalami kesulitan.
Dengan masalah inilah para gerakan peduli ASI dan ibu menyusui mencoba merangkul para ibu maupun ayah yang ingin menyusui dengan lancar sampai 2 tahun. Ya, ibu menyusui kini tak sendiri, dan pihak lain bisa ikut andil juga untuk mengedukasi sebagai konselor laktasi. Ke mana Anda bisa bergabung ?
Sentra Laktasi Indonesia
Pendiri: dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM (Ketua Umum)
Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) memiliki banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan pelayanan konseling menyusui, pendidikan dan pelatihan, penelitian serta advokasi, promosi, dan berjejaring. Di September dan Desember 2014 ini, Ibu bisa ikut pelatihan mengenai tema berikut di RS Budi Kemuliaan Jakarta: pelatihan pijat bayi dan pijat laktasi serta pelathan konseling menyusui.
Ayo Gabung!
Jalan Guru Muhiyin No. 100 RT 06/02 Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Website www.selasi.org
Telp./Faks (021) 7807817
Email sentra.laktasi.indonesia@gmail.com
Facebook sentralaktasi
Twitter @sentralaktasi
 
Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia
Pendiri: Mia Sutanto (Ketua Umum)
Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) sangat konsisten dan teguh menggaungkan bahwa ASI adalah hak bayi. Melalui kegiatan seperti kelas edukasi bagi para Ibu yang bergabung menjadi member, AIMI membuka kelas pelatihan untuk siapa pun yang ingin menjadi konselor laktasi. Kelas edukasi ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia yakni, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta. Temanya pun menarik semisal problematika payudara, problematika puting, jika bayi menolak menyusu, tip meningkatkan suplai ASI, menyapih dengan cinta, dan sebagainya. Kelas diperkaya dengan audio visual dan praktik langsung sehingga makin terasa manfaatnya.
Ayo Gabung!
Graha MDS Lt. 1. Duta Mas Fatmawati Blok B1/34, Jln. RS. Fatmawati No. 39 Jakarta Selatan 12150
Website www.aimi-asi.org
Email konseling@aimi-asi.org
Telp. (021) 72787243/72790165
Twitter @aimi_asi
 Komunitas-ASI-web
Komunitas Mamaperah
Pendiri: Lia Gita  (Founder)
Komunitas Mamaperah merangkul para ibu bekerja yang tandem dengan menyusui bayinya maupun calon ibu. Tentu saja tantangan untuk bisa terus menyuplai ASI melalui agenda ‘memerah’ di kantor berbeda dengan stay-at-home-mom. Untuk ibu yang akrab dengan dunia social media dan bekerja di luar rumah lebih dari 8 jam, komunitas ini hangat berbagi ilmu dan cerita melalui jejaring sosial. Ada juga kelas offline berupa kelas EdukASI. Agar memudahkan anggotanya di website Komunitas Mamaperah pun tersedia perlengkapan menyusui yang bisa dibeli secara online.
Ayo Gabung!
Website www.mamaperah.com
Email info@mamaperah.com
Telp. 087877277379
Facebook Komunitas Mamaperah
Twitter @mamaperah
Pin BB 2A7ADB8B
Whatsapp 08121219934
 
Ayah ASI
Pendiri: Syafiq Pontoh (Founder)
Ayah ASI Indonesia adalah sekelompok ayah yang memiliki satu tujuan, mendukung pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif pada sang buah hati. Tanpa bermaksud menggurui, sekelompok ayah ini hanya ingin berbagi tentang bagaimana cara agar sang istri mampu mengeluarkan ASI semaksimal mungkin. Mereka biasa berbagi ilmu dan kisah dengan cara yang ‘segar’ melalui sarana jejaring sosial. Nah, siapa bilang Ayah tak berdaya dalam hal ASI?
Ayo Gabung!
Website www.ayahasi.org
Facebook AyahASI
Twitter @ID_AyahASI

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version