Kulit yang sehat secara klinis adalah kulit yang halus dan kencang, cerah, bebas penyakit, berfungsi baik dan lembab. Sudahkah Anda merawat organ terluar dari tubuh kita ini?

Memiliki kulit yang halus, kencang dan sehat sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin, asalkan kita rajin melakukan perawatan mendasar sesuai jenis kulit. Bagaimana langkah perawatan kulit bagi orang dewasa, pria dan wanita usia 30 tahun ke atas?
Perawatan kulit pada dasarnya ditujukan untuk kesehatan dan keindahan. Dalam hal kesehatan, fungsi kulit sebagai pelindung (barrier/sawar) sangat penting. Jika integritas kulit terganggu, maka dapat terjadi kelainan kulit, termasuk masuknya organisme yang dapat menginfeksi kulit.
Dalam merawat kulit, tidak hanya masalah kebersihan saja yang harus diperhatikan, namun juga mempertahankan kondisi normal kulit, antara lain kelembabannya, keasaman, lapisan lemak permukaan, serta keseimbangan mikroorganisme normal yang ada di permukaan kulit.
Kapan saatnya ke dokter kulit?
Perawatan kulit secara sederhana sebenarnya bisa saja dilakukan di rumah dan kapan saja. Namun ada kalanya seseorang membutuhkan seorang dokter kulit untuk merawat kulit wajah. Kapankah seseorang harus mendatangi seorang dokter kulit? Apakah saat ada masalah dengan kulitnya ataukah ia bisa datang secara rutin untuk perawatan berkala?
Saat kita mendatangi dokter ahli kulit, dokter dapat memberikan nasehat perawatan kulit sehat maupun perawatan kulit yang bermasalah atau sakit. Jika hanya mengingingkan perawatan kulit sehat, tentunya tidak diperlukan kontrol terus menerus, karena dokter hanya memberi nasehat menyesuaikan jenis kulit yang bersangkutan.
Tetapi perawatan kulit sehat misalnya superficial skin peel untuk melepas permukaan kulit yang mati secara teratur, juga dapat diberikan. Meskipun sekarang sudah tersedia produk-produk yang dapat digunakan sendiri di rumah.
Lain halnya dengan kulit bermasalah, tentunya diperlukan kunjungan ulang disesuaikan dengan masalah yang dihadapi, misalnya alergi atau iritasi akibat produk skin care atau kosmetik yang dipakai. Demikian pula dengan masalah aging skin (kulit menua).

Krim buatan dokter kulit
Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita, banyak orang mati-matian untuk menjaga dan merawatnya. Segala cara pun ditempuh agar kulit tetap terlihat halus mulus dan sehat terutama untuk merawat kulit wajah. Salah satunya adalah menggunakan krim-krim buatan dokter kulit kulit.
Dalam hal pembuatan krim kulit, dokter ahli kulit memang tidak dapat membuat atau meramunya, namun dapat membuatkan resepnya. Pembuat krim itu sendiri adalah seorang profesional yaitu apoteker dan asisten apoteker.
Cara menjaga kesehatan kulit sehari-hari
Untuk menjaga kesehatan kulit kita, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan secara berkala, yaitu:

  1. Rajin membersihkan kulit (cleansing) dan sesekali scrubbing untuk merontokkan lapisan kulit mati yang menutup pori, dan melembabkan (moisturizing) untuk kulit yang kering. Gunakan tabir surya (sunblock) yang dipakai 10-15 menit sebelum terkena sinar matahari agar sempat diserap kulit.
  2. Perawatan kulit wajah disesuaikan dengan jenis kulit. Apakah berminyak, normal, kering, kombinasi maupun sensitif.
  3. Penjagaan kesehatan kulit wajah perlu diperhatikan sejak bahkan sejak bayi, karena kelainan yang terjadi pada usia dini dapat berlanjut sampai tua. Sebagai contoh, efek negatif pajanan sinar ultraviolet berlebih yang bersifat kumulatif, saat dewasa akan terlihat sebagai photo-aging atau kulit berjerawat saat remaja.
  4. Pilih produk perawatan kulit yang dijual bebas dengan seksama, perhatikan penjelasan yang tercantum dalam labelnya, baik isi, manfaat, bahkan apakah ada izin edarnya. Jika dirasakan perubahan pada kulit, baik rasa gatal, nyeri, pembengkakan, perubahan warna, atau tekstur kulit, segera berkonsultasi dengan dokter.
  5. Tetap berolahraga dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk kulit karena semahal apa pun kosmetik yang digunakan, tidak akan bisa menutupi kulit yang kusam. Berolahraga membuat kulit akan cukup mendapat nutrisi dan menarik otot sehingga tidak kendur.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah pemenuhan nutrisi dari dalam melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E yang sangat bagus untuk menjaga kemulusan kulit.
Konsultan:
dr. Kusmarinah Bramono SpKK(K)., Ph.D.
Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, FKUI-RSCM

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version