[quote type=”center”]Yuk, ikuti panduan berikut agar dapat melatih si kecil merangkak :)[/quote]
Dari posisi duduk berputar ke posisi merangkak.
Langkah – langkah Latihan :

  1. Tempatkan anak dalam posisi duduk dan doronglah anak untuk datang kepada Anda, menggunakan mainan atau makanan kecil untuk membujuknya.
  2. Bantulah anak dengan memberinya sanggaan ketika dia bergerak mengambil posisi merangkak. Berilah hadiah jika anak menggerakan tangan atau tubuhnya yang dapat diasosiasikan dengan mengambil posisi merangkak.
  3. Dudukkan anak di tempat tidur, dengan hati-hati robohkan dia ke posisi merangkak dengan mendorongnya maju. Awasilah dengan hati-hati.
  4. Dalam posisi duduk di lantai. Doronglah anak untuk mencondongkan diri ke depan dan tepuk-tepuklah lantai;hal ini akan mendorong dia meletakkan tangannya di lantai dan mencondongkan diri ke depan.

Gerakan tubuh ke depan-ke belakang dalam posisi merangkak.

Langkah – langkah Latihan :

  1. Tempatkan handuk di bawah dada anak dan peganglah tepi-tepinya. Angkatlah sehingga hanya tangan dan lutut anak yang menyentuh lantai. Gerakkan handuk ke depan dan ke belakang supaya anak terayun-ayun.
  2. Peganglah anak pada pinggulnya. Gerakkan maju dan mundur.
  3. Tempatkan bantal atau guling di bawah dada anak. Mula-mula bimbinglah anak bergoyang-goyang ke depan-ke belakang. Pujilah dia dan katakan, “goyang-goyang” atau “maju mundur.”
  4. Letakkan anak dalam posisi merangkak diatas paha anda,kemudian gerakan kaki anda ke kanan-kiri supaya anak bergerak maju-mundur.

Merangkak Maju

Langkah – langkah Latihan :

    1. Telungkupkanlah anak. Doronglah anak untuk memeriksa lingkungannya dengan memberinya banyak kesempatan berada di lantai.
    2. Letakkan sebuah mainan,satu atau dua kaki di depan anak selagi ia telungkup. Angkatlah satu pinggulnya dan bantulah anak menekuk pinggul serta lututnya pada sisi tersebut. Letakkan tangan anda pada telapak kakinya. Gosoklah pinggulnya dengan tangan anda yang lain dan perlahan-lahan gerakkan ke depan pada bagian pinggulnya sampai kakinya lurus. Ulangilah pada sisi yang lain. Teruskan aktivitas ini sampai ia menggapai mainan. Biarkan ia bermain dengan mainan sebelum mengulangi latihan ini. Anak harus berada di atas permukaan yang halus dengan menggunakan celana panjang untuk mengurangi gesekan dan membuat gerakannya lebih mudah.
    3. Ulangilah latihan nomor 2, namun tunggulah anak mendorong tangan anda dan meluruskan kakinya.
    4. Ulangilah latihan nomor 2 di atas karpetuntuk “penghambat” dan membuat anak berusaha lebih keras.
    5. Ulangilah latihan nomor 2 dengan menggunakan 2-3 bantal sebagai penghambat. Bantal disusun secara berjenjang (formasi tangga) yang diletakkan didepan anak. Kegiatan ini perlu dibantu oleh dua orang pengawas. Satu orang menjaga dibelakang anak untuk membantu gerakan anak pada saat merangkak dan satu orang lagi bertugas untuk memancing anak dengan mainan yang disukainya sambil menjaga posisi bantal agar tetap pada formasi berjenjang.
    6. Ulangilah latihan nomor 2 dengan mendorong koordinasi gerakan lengan. Urutan gerakan haruslah: lengan kanan, kaki kiri, lengan kiri, kaki kanan.
    7. Peganglah pergelangan kaki anak ketika ia sedang merangkak. Berikan sedikit hambatan untuk membuat anak lebih sulit merangkak yang akan menambah kekuatan anak.
    8. Jika anak menggerakkan kedua kaki bersama-sama dengan lembut peganglah satu pergelangan kakinya untuk memberitahu bahwa ia harus menggerakkan kakinya satu persatu. Peganglah pergelangan kakinya berganti-ganti ketika ia bergerak
    9. Tambahlah jarak dengan secara bertahap menjauhkan mainan atau dengan memberi anak mainan beroda yang bergerak ketika anak memainkannya.
    10. Gunakan sprei atau selimut untuk membuat tenda di atas meja kecil atau dua kursi untuk tempat bermain anak. Letakkan beberapa mainan dalam tenda atau torowongan dan doronglah anak untuk merangkak masuk.

 

Share.

No Comments

  1. assalamualikum dok…. sya mau tanya anak sy umur 7 bln belum bisa merangkak gmn ya cara melatih nya sy kwatir bgt, soalnya blm bs merangkak mksh.. umur brp bayi dikatakan telat untuk merangkak mksh

    • Dear Nhita,
      Terima kasih banyak atas pertanyaanya. apakah anak ibu sudah bisa duduk? apakah anak sudah bisa mengangkat kepala? apakah di usia yang sekarang anak bisa menopang berat tubuhnya, seperti tangan dan kakinya sudah kuat? jika ada keterlambatan, maka sebaiknya diperiksakan oleh dokter. karena pada usia 6 bulan, anak biasanya sudah bisa mulai duduk. terima kasih..

Leave A Reply

Exit mobile version