[quote type=”center”]Selama ini orang hanya tahu plasenta adalah gumpalan daging licin yang keluar bersamaan dengan lahirnya bayi. Sebenarnya apa sih plasenta itu ?[/quote]
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]P[/dropcap]lasenta atau ari-ari adalah suatu organ dalam kandungan (rahim) pada masa kehamilan. Pertumbuhan dna perkembangan plasenta penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.
Plasenta terdiri dari 200 lebih pembuluh darah dan vena halus berbentuk gumpalan hati mentah. Ada dua permukaan plasenta yaitu permukaan maternal yang menempel pada rahim dan permukaan fetal yang berhadap dengan selaput ketuban. Pada permukaan fetal ada tali pusat yang fungsinya menghubungkan plasenta dengan tubuh janin.
Plasenta
Fungsi plasenta :

  1. Mensuplai makanan dan oksigen ke janin.
  2. Membawa karbondioksida dan sisa-sisa pembuangan janin kembali ke darah ibu.
  3. Membentuk sistem pertahanan dan penghalang terhadap infeksi dan obat-obatan tertentu. Namun ada penyakit seperti virus Rubella dan obat aspirin dosisi tinggi yang dapat menembus penghalang plasenta. Antibodi dari darah ibu juga dapat menembus plasenta dan memberikan kekebalan terhdap penyakit tertentu terhadap penyakit tertentu sesaat setelah persalinan.
  4. Menghasilkan hormon kehamilan terutama human chorionic gondadotrophin (HCG), progesteron dan estrogen.
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version