[quote type=”center”]Anak-anak masa kini tergolong sebagai digital native. Karena teknologi mengalami perkembangan yang luar biasa pesat dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.[/quote]
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]A[/dropcap]khirnya banyak yang menggantikan aktivitas harian dengan terfokus pada gadget. Kegiatan bersama teman di luar rumah pun digantikan oleh bermain games / simulasi online dengan teman di dunia maya.
Ini wakunya Anda mengajak anak untuk mengalihkan pandangannya dari gadget. Ajak si kecil bermain bergerak aktif di dalam mau pun di luar rumah.
anak-aktif
Langkah pertama
Explain : Jelaskan pada anak tentang pentingnya kegiatan outdoor bersama orang lain. Jelaskan bahwa kegiatan tersebut menyehatkan, membuat anak lebih peka terhadap lingkungan, menyehatkan dan lainnya.
Langkah kedua
Stimulation : Menarik minat anak. Tunjukkan pada anak bahwa kegiatan tanpa gadget bisa sama menyenangkan dan seru. Libatkan anak dalam pemilihan kegiatan, semisal melempar bola ke sebuah sasaran, bermain basket, lomba lari dan sebagainya. Jika ia masih tertarik dengan gadget Anda bisa mengalihkan game simulasi yang biasa ia mainkan di gadget ke permainan sesungguhnya. Misalnya game Angry Birds bisa dilakukan di halaman dengan menggunakan balon berisi air yang dilempar ke sebuah target.
Langkah ketiga
Do it together : Lakukan kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama. Menggambar bersama, berburu harta karun (dengan menyembunyikan barang-barang tertentu di sekitar rumah). Tak perlu kaku terhadap aturan permainan. Bila perlu ajak anak membuat aturan baru sehingga ia sekaligus terstimulasi untuk lebih kreatif.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version