Anak jaman now punya seabreg kegiatan. Lantas liburan seperti apa yang pas buat mereka?

Sekolah full day, kursus berenang, kursus musik, bermain dengan teman dan mendalami ilmu agama. Anak jaman now memang memiliki banyak jadwal dan kegiatan yang harus dijalaninya tiap hari. Dan datangnya liburan seperti memberi angin segar bagi anak-anak yang sudah menantikannya. Lantas rencana apa yang bisa dipersiapkan orangtua untuk membuat kejutan ceria bagi anak-anak?
Rancang liburan
Dalam merancang liburan yang menyenangkan banyak hal yang harus dipersiapkan orangtua dengan melibatkan anak termasuk :
Diskusikan dengan anak
Menentukan tujuan kemana tujuan berlibur hendaknya orangtua mendiskusikannya dengan  anak. Hal ini penting karena pada dasarnya ketika orangtua mengajak anak berlibur mereka ingin anak rileks dan senang. Jangan memutuskan tujuan tanpa pendapat anak demikian anak jangan memutuskan tujuan tanpa mempertimbangkan budget yang ditetapkan orangtua.
Ritual liburan
Berikan ciri khas untuk liburan keluarga, misalnya menyajikan makanan tertentu saat liburan, kegiatan yang melibatkan anggota dalam memasak, bertukar hadiah dan lainnya.
Bersikap kreatif
Ciptakan liburan kreatif dan menarik. Berikan perhatian terhadap perubahan-perubahan. Rutinitas yang menarik bagi anak-anak sekarang belum tentu masih menarik ketika mereka beranjak remaja.
Liburan seperti apa?
# Berlibur sambil belajar
Liburan yang baik sesungguhnya adalah liburan yang dapat membuat anak mendapat pelajaran berharga. Ada beberapa liburan edukatif dapat menjadi pilihan orang tua dan anak seperti  kunjungan ke museum, jalan-jalan, memancing, berkunjung ke taman wisata edukatif. Dalam kegiatan ini tak hanya kesenangan yang diperoleh tapi anak-anak juga banyak mendapat pembelajaran tentang berbagai hal yang bermanfaat.
# Bermain peran
Anak umumnya senang mengikuti perilaku orang tua. Sesekali beri kesempatan anak untuk menjalankan peran seperti memasak untuk keluarga, berbelanja ke pasar/supermarket, atau melakukan pekerjaan sederhana di kantor. Posisikan diri anda sebagai asisten yang siap siaga membantu ketika mereka mendapatkan kesulitan.
# Liburan di rumah
Tinggal di rumah saja? Why not?! Kegiatan berkemah di dalam rumah, sambil menghias rumah umumnya sangat menarik bagi anak. Syaratnya, orang tua juga harus tinggal di dalam rumah dan terlibat dalam kegiatan tersebut.
# Backpacking, yuk!
Mengajak liburan ‘backpacking’ bisa juga dengan mengajak anak-anak. Mereka belajar memahami bahwa bepergian tidak harus selalu dengan akomodasi mahal. Menginap tidak harus di hotel mewah, putar-putar kota dengan jalan kaki dan bus lokal, dan menikmati street food yang murah meriah, justru memberikan kesan tersendiri.
Banyak  pilihan bukan untuk berlibur? Mari diskusikan rencana liburan dengan anak dan segera packing segala perlengkapan !

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version