Lidah Pendek, Sulit Menyusu

Dear Dokter,
Dok, anak saya mengalami kesulitan menyusui, dan dokter mencurigai penyebabnya adalah kelainan atau gangguan pada lidahnya, atau bahasa mudahnya anak saya berlidah pendek. Apakah benar lidah pendek dapat menyebabkan kesulitan anak dalam menyusui? Mohon penjelasan. Terima kasih.
Aisha Hartadi – Jakarta Barat
=================================================================================
Tongue-tie atau lidah pendek adalah kelainan bawaan yang terjadi pada pita lidah atau tali jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung lidah bagian bawah. Tali ini dapat tebal dan kurang elastis ataupun tipis dan elastis. Bila tali lidah pendek dapat menyebabkan lidah berbentuk seperti jantung pada saat dijulurkan.
Gangguan yang disebabkan oleh tongue-tie antara lain menyusui, bicara, mengganggu kemampuan lidah sehingga lidah tidak dapat membersihkan gigi karena gerakannya terbatas. Tongue-tie juga dapat menyebabkan jarak antar gigi menjadi renggang karena tekanan mekanis lidah sehingga gigi anak menjadi jarang dan tak rapi.
Tindakan bedah merupakan cara umum mengatasi kelainan ini, dan yang dilakukan tergolong sangat ringan. Yaitu dengan cara membebaskan tali jaringan ikat itu sendiri. Pada bayi yang masih sangat muda tidak perlu pembiusan. Sedangkan pada anak usia lebih dari satu tahun harus dilakukan pembiusan.
Ibu, konsultasikan dahulu dengan dokter anak, apakah tongue-tie anak Anda telah menyebabkan gangguan atau tidak. Tanyakakan perlu tidaknya dilakukan tindakan bedah. Jika anak menderita tongue-tie sekaligus perkembangan bicaranya terlambat, perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter anak untuk mencari penyebab keterlambatan bicara sekaligus upaya penanggulangannya, sebab tongue-tie tidak menyebabkan keterlambatan bicara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *