Anda sedang bermain dengan bayi Anda. Tiba2, Anda melihat bahwa lidah, pip dan gusinyanya berbercak-bercak berwarna keputihan. Wah…apa lagi nih. Kemudian anda mencoba melap dengan kain bersih, ternyata tidak bisa hilang. Putih-putih itu sering disebabkan jamur Candida albicans.
 
Candida merupakan jamur normal yang berada pada mulut, usus dan genitalia. jamur ini senang tumbuh di daerah yang hangat dan basah. Normal? Ya. hampir semua bayi, anak dan orang dewasa mempunyai Candida dalam jumlah sedikit dan tidak menyebabkan gangguan apa-apa. Tetapi, kadang-kadang Candida menjadi banyak sehingga dapat terlihat dengan jelas dan menyebabkan gangguan.

Apakah benar Candida?

Lokasi. Bercak keputihan biasanya ditemukan di pipi bagian dalam, bibir, gusi dan lidah. Selaput tipis berwarna putih yang hanya menutup lidah, lagipula rata tidak berbercak-bercak biasanya bukan jamur, tetapi bekas susu. Tetapi, bila lapisan di lidah tersebut tersebut tebal menutup lidah dapat juga disebabkan candida
Tidak hilang timbul. Candida biasanya menetap beberapa minggu. Lapisan putih karena susu bersifat hilang-timbul, walaupun kadang bisa menetap juga untuk beberapa hari.
Tidak bisa dihapus. Anda boleh mencoba menghapusnya dengan jari yang dibungkus kain kasa steril. Bila mudah lepas, biasanya bekas susu. Candida tidak mudah lepas, dan bila lepas meninggalkan bekas kemerahan atau sedikit berdarah.
Faktor lain. Bila anak atau ibu menyusui mendapat antibiotika, atau bayi mempunyai ruam popok yang sulit sembuh disertai bercak berwarna kemerahan, mungkin yang ada di mulutnya adalah candida.

Apa penyebabnya?

Candida tidak menular dari bayi ke bayi, tetapi berasal dari jamur di dalam tubuhnya sendiri. Bayi bisa mendapatnya dari ibu saat ia melalui jalan lahir, atau dari puting susu yang terinfeksi candida, atau dari dot yang tercemar candida. Antibiotika yang diberikan kepada bayi menyebabkan bakteri mati dan jamur candida mudah tumbuh.

Apakah berbahaya untuk bayi?

Biasanya tidak. Bayi bisa menjadi rewel karena mulutnya sakit. Candida juga dapat menyebabkan diare.

Bagaimana mengobatinya?

  1. Lactobacillus. Berikan lactobacillus, bifidobacteria atau sejenisnya. Bakteri baik ini akan menghambat pertumbuhan Candida.
  2. Nystatin. Sejenis obat antijamur dalam bentuk drops. Bisa dioleskan di lidah, kemudian ditelan oleh bayi. Nystatin sangat aman karena di dalam usus tidak diserap ke dalam tubuh.
  3. Sterilkan dot dan empeng selama 20 menit air mendidih
  4. Cuci mainan yang masuk ke dalam mulut dengan air dan sabun
  5. Obati ibu bila masih minum ASI
  6. Bila tidak mempan dengan Nystatin, boleh berikan gentian violet yang berwarna biru ungu. dalam bentuk larutan 0,25-0,5% ke puting susu dan lidah bayi. Sekali sehari sudah cukup. Gentian violet aman, tetapi warna birunya dapat mengotori kemana-mana. Olesi bibir dengan vaselin agar gentian violet tidak melekat ke bibir. Suatu penelitian mencurigai kemungkinan hubungan gentian violet dengan kanker mulut.

Candida pada bayi yang mendapat ASI

Candida dapat menginfeksi kulit sekitar puting susu. Bila puting susu terinfeksi, terjadi infeksi bolak-balik antara bayi dan puting susu.
Dalam keadaan ini, selain bayi , ibu juga harus mendapat obat.
 
Gejalanya:

  1. puting susu terasa nyeri
  2. warna merah muda atau merah
  3. gatal atau terasa terbakar, walaupun tidak sedang menyusui
  4. kering atau sembab
  5. nyeri selama menyusui atau setelah menyusui

Bagaimana mengobati puting susu?

  1. Obati bayinya
  2. Ibu juga makan acidofilus
  3. Setiap selesai menyusui, oleskan ASI di puting dan sekitarnya, biarkan mengering sendiri atau berikan krim nystatin 2-3 kali sehari setelah menyusui

Candida kronik

Kadang infeksi menetap untuk waktu yang lama. Dalam keadaan ini tentunya anda harus pergi ke dokter. Beritahu dokter bahwa bayi dan anda mengalami infeksi Candida kronik. Beberapa hal lain yang dapat dikerjakan:

  1. Cuci peralatan makan dan pakaian dengan air panas lebih dari 122F
  2. Masukkan pakaian dalam anda ke dalam microwave, suhu high untuk 5 menit
  3. Jemur pakaian di panas matahari
  4. Jangan gunakan ASI pompa yang diambil saat payudara terinfeksi
  5. Cuci peralatan makan dengan air panas
  6. Gunakan cairan bleaching 10% untuk mencuci peralatan makan. Pakai sarung tangan agar tangan anda tidak teriritasi
  7. Handuk juga diperlakukan serupa
  8. Gunakan diaper sekali pakai dan peralatan makan sekali pakai

Referensi: Dari berbagai sumber

Share.

No Comments

  1. Bagaimana cara membersihkannya,krn mulut bayi kan kecil,bayi jg tidak mengeluarkan lidahnya,klo tgn telunjuk masuk kan bisa muntah,posisi yg benar n dalam keadaan tidur atau bangun bayinya?

      • Dear Banoe, benar sekali emang dalam pembersihan mulut bayi yang terinfeksi jamur memang perlu hati-hati. Anda bisa menggunakan cotton bud/kapas/kassa steril yang sebelumnya dicelupkan dengan air hangat, kemudian bersihkan perlahan pada permukaan depan lidah, dilanjutkan perlahan ke permukaan belakang lidah. Saat pembersihan dapat dilakukan pada bayi saat tertidur maupun pada saat terbangun. Infeksi ini juga dapat dicegah dengan menghidari faktor risiko yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika infeksi ini menetap, maka konsultasikan dengan dokter anda, untuk mengatahui apakah diperlukan pemberian obat anti jamur pada anak anda. Semoga bermanfaat.

    • Dear Banoe, benar sekali emang dalam pembersihan mulut bayi yang terinfeksi jamur memang perlu hati-hati. Anda bisa menggunakan cotton bud/kapas/kassa steril yang sebelumnya dicelupkan dengan air hangat, kemudian bersihkan perlahan pada permukaan depan lidah, dilanjutkan perlahan ke permukaan belakang lidah. Saat pembersihan dapat dilakukan pada bayi saat tertidur maupun pada saat terbangun. Infeksi ini juga dapat dicegah dengan menghidari faktor risiko yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika infeksi ini menetap, maka konsultasikan dengan dokter anda, untuk mengatahui apakah diperlukan pemberian obat anti jamur pada anak anda. Semoga bermanfaat.

  2. dok,anak saya baru umur 2 minggu,nafasnya kadang masih terdengar grok2,apalagi kalo habis diberi asi,apakah itu wajar atau tidak?trus selama d beri asi,kalo terlalu bnyak muntah,padahal dia masih terus menghisap ,bagaimanan untuk mengurangi muntahnya selama dan sehabis diberi asi,thx dok

    • Dear Ika,
      Terima kasih atas pertanyaanya. Menurut saya, perlu sekali mengevaluasi mengenai apakah ada kenaikan pada berat badan anak. Jika pada pemberian ASI, namun tidak ada kenaikan berat badan selama 2 minggu tersebut, maka harus dicurigai ada masalah pada penyerapan ASI, bisa berupa adanya kelainan menghisap ASI, ataupun kelainan pada sistem pencernaan. ada baiknya jika suara nafas grok-grok saat mengisap ASI ini berlanjut disertai dengan berat badan yang tidak naik, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter spesialis anak anda. terima kasih.

  3. nystatin itu aman ya meskipun tanpa resep dokter?? baby ku umur 8 bulan jadi susah minum susu (sufor, krn asi sudah tidak produksi) setelah seminggu lalu kena campak alias tampek. Padahal sebelumnya mau minum susu. Skrg minum susu maunya kalo dia dalam keadaan mau tidur atau terbangun dr tidur malam. Kalo lagi melek, dia gk mau minum susu…maunya air putih

    • rusmalia salman on

      Halo mama yang baik,
      Kandungan nistatin adalah antijamur, dan apapun obat yang diberikan pada anak, jika tidak atas indikasi / tujuan yang tepat tentu tidak “aman”. Jadi.. sebaiknya jika Mama ragu si kecil terkena infeksi jamur atau tidak, pastikan dulu ke Dokter ya.. Bayi usia 8 sumber makanannya sudah beralih dari cair menjadi padat, yaitu bubur tim, dengan perbandingan susu : makanan 50%:50%, jadi.. jangan khawatir jika ia “tidak mau minum susu” karena memang pada usia ini justru sebaiknya kita mengupayakan makanan padat sebagai sumber asupan utamanya. Tetap usahakan pola makan padat 3 kali/hari (lengkap dengan sumber karbohidrat, lauk hewani dan nabati serta sayur-sayuran), dengan susu atau snack 2 kali/hari ya.. Semoga dengan ketelatenan Mama, si kecil bisa lebih semangat lagi untuk makan. Salam..
      (dr.Pustika Efar Sp.A)

  4. Natalia C. Paulus on

    Dok, anak sya umur 14bln, saat ini ia minum sufor. Beberapa hari ini lidah bagian tengah-dalam terlihat berwarna putih tebal (mungkin karena susunya) namun yg menjadi masalah setiap x mau dibersihkan sperti ‘berantem’ kira2 apa ada tips untuk membersihkan lidah dengan lebih mudah tanpa harus ada drama.. atau langsung saja dikasih Nystatin? Terima kasih

Leave A Reply

Exit mobile version