Si Kecil tak suka makan sayur? Jangan risau. Coba terus, dan ia suatu hari akan berkata, ”Aku suka!”

Sayur dengan aroma dan rasanya yang khas memang tak semua disukai anak-anak. Tapi Ibu bisa mengenalkan mereka sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Bahkan, konon Ibu dapat mulai melatihnya sejak si Kecil masih dalam kandungan. Minum jus wortel dan konsumsi sayuran selama kehamilan dapat membantu mengatasi masalah klasik, anak menolak sayuran, demikian menurut Alan Green, dokter anak Universitas Standford dan penulis buku Baby Feeding Green.
Beri contoh
Anak-anak belajar dari apa yang dilihat sehari-hari. Perlihatkan kebiasaan makan sayur pada anak sejak dini. Selalu sajikan menu bersayur dan buah-buahan di rumah. Tambahkan irisan atau parutan sayur di setiap menu, seperti di dalam sup, isi nugget, topping roti, bahkan topping cup cake kesukaannya.
Ibu bisa memilih sayur dan buah sebagai snack, terutama saat bepergian. Semisal potongan buncis dan wortel rebus, juga potongan buah. Berikan juga buku tentang sayuran agar anak bisa mengenal beragam jenis sayuran. Informasikan tentang jenis dan manfaat sayur dengan bahasa yang mudah dicerna dan menarik.
Masak bersama
Kegiatan memasak dan Agar lebih menyenangkan, ajak anak-anak berbelanja sayur . Biarkan mereka memilih sayur atau buah mana yang menarik perhatian mereka. Ini bisa menjadi ajang melatih anak-anak untuk menyukai sayuran. Dampingi dan awasi mereka saat memasak untuk menghindari bahaya dari alat masak yang tajam, mengandung listrik atau api. Ibu bisa membantu memilihkan menu sayur yang lezat dan mudah mengolahnya seperti sup brokoli wortel, omelet jagung buncis, atau selada sayur.
Saat makan di restoran, tetaplah memilih menu yang mengandung sayuran seperti salad dan sup. Steak dengan aneka sayuran rebus juga bisa jadi pilihan. Bila anak-anak menunjukkan minat, biarkan mereka mencicipi sayuran dalam bentuk jus yang kini banyak juga ditawarkan di resto atau café.
Anak-anak memang tak serta merta langsung menyukai sayuran yang Ibu tawarkan. Jangan putus asa, coba terus dengan jenis sayuran yang bervariasi setiap hari. Selalu sisipkan cerita menarik seputar sayur agar anak tergelitik untuk mencoba dan menyukainya. Selamat mencoba!
Referensi:

  1. Dimas, Putra, Mengenal sayuran, Buana Ilmu Populer, 12 Juli 2010
  2. B, Jan, Publisher Pvt., Limited, June12, 2012
  3. Locrichio, Matthew, The International Cookbook For Kid, Dec 4, 2014
Share.

Comments are closed.

Exit mobile version