[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]S[/dropcap]aat ini, tersedia berbagai jenis mainan untuk bayi. Apakah mainan ini cocok untuk bayi usia 3 bulan? Apakah mainan ini aman? Mari simak tips memilih mainan di bawah ini.
Mainan untuk bayi usia 1-6 bulan :

  1. Bola yang terbuat dari bahan lembut juga menarik untuknya. Gelindingkan bola ke arah bayi dan mintalah ia mengembalikannya pada Anda.
  2. Bayi sangat menyukai suara yang ritmis,dan suara ini lebih mudah dicernanya dibanding suara percakapan. Ia juga senang dinyanyikan dan dininabobokan. Memperdengarkan lagu dan permainan ritme akan memudahkannya untuk belajar bicara kelak.
  3. Mainan yang dapat melatihnya bergerak dan merangkak misalnya mainan yang dapat ia kejar-kejar atau mainan yang melatihnya berpegangan.
  4. Mainan yang merangsang pendengarannya, yang bertekstur (kasar, lembut), yang dapat diremas, dan berwarna cerah.
  5. Mainan yang berputar dan berbunyi (misalnya menggantungkan mainan di atas boks tidurnya untuk menstimulasi pendengaran dan penglihatan).
  6. Buku berisi gambar-gambar besar dan mencolok, atau majalah berisi wajah-wajah (karena ia amat menyukai wajah). Tunjukkan bagian wajah di gambar, lalu bagian wajah Anda dan juga wajahnya. Bayi Anda akan menyukainya.

Mainan untuk bayi usia 6-12 bulan :

  1. Pilihlah mainan yang berwarna cerah terutama warna-warna primer seperti merah, biru, dan kuning.
  2. Mainan yang dapat berbunyi saat ia tarik talinya, ditekan atau goyangkan. Misalnya boneka musik, kotak musik dengan banyak tombol, mainan yang bila diremas mengeluarkan bunyi, dan sebagainya.
  3. Bola karet atau benda-benda yang membuatnya dapat belajar sebab-akibat. Ia akan senang ketika bola yang dijatuhkannya kembali padanya atau benda yang ia remas akan mengeluarkan cahaya dan bunyi
  4. Mainan yang memiliki lubang-lubang atau dapat diremas dan dipegang, seperti gelang-gelangan yang bersuara.
  5. Cermin yang terbuat dari bahan plastik yang mungkin dijahitkan di selimutnya (tersedia di toko-toko mainan)
  6. Mainan yang dapat didorong, ditarik dan digerakkan seperti kereta-keretaan, mobil-mobilan, dan sebagainya.
  7. Building block atau puzzles berukuran besar (terutama saat usianya beranjak 1 tahun)
  8. Buku tanpa gambar dengan cerita sederhana
  9. Alat tulis yang cukup besar dan aman untuknya juga mulai dapat diperkenalkan (apalagi saat ia mulai dapat memegang benda-benda ukuran kecil).

Perhatikan keamanan mainan

  1. Carilah mainan yang cukup kuat bila didirikan, tak mudah rubuh atau berguling. Jangan lupa perhatikan apakah bagian-bagian kecilnya mudah terlepas.
  2. Pastikan mainan gigitan cukup besar hingga tidak tertelan, atau mainan yang diremas masih cukup besar untuk digenggam atau dimasukkan ke mulut.
  3. Hindari mainan dengan tali yang terlalu panjang yang bisa menyebabkan si kecil terbelit.
  4. Hindari mainan plastik yang mudah pecah atau berujung tajam.
  5. Hindari mainan bola-bola atau batang berukuran kurang dari 4,4 cm.

Referensi:
Stoppard, M. Complete baby&childcare. Dorling Kindersley, UK. 2001.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version