Dear Dokter Wina,
Dok, keluarga kami punya kebiasaan turun temurun yang susah diubah, yakni makan empek-empek. Kami memakannya bahkan saat sarapan bersama-sama, pun si kecil yang masih balita pun gemar mengonsumsinya. Apakah kebiasaan ini dapat merusak kesehatan gigi, Dok? Mengingat sifat asam dari cuka yang demikian keras? Mohon saran, terima kasih.
Sisca Maharani – Bandung
=================================================================================
Ibu Sisca,
Konsumsi cuka dalam kadar banyak dan terlalu sering memang dapat menyebabkan kerusakan email gigi (yang merupakan bagian terluar dari gigi). Kerusakan yang terjadi memang bukan berupa gigi berlubang, karena gigi berlubang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan kerusakan gigi akibat bahan semacam cuka dikarenakan erosi, yakni larut dan terkikisnya permukaan email karena kondisi asam. Jadi jelas, kerusakan tersebut (erosi) bukan karena bakteri melainkan karena seringnya gigi terpapar makanan/minuman yang bersifat asam.
Kini di negara-negara maju, masalah karies sudah berkurang karena edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan mulut dan membatasi konsumsi gula sudah demikian baik. Ditambah lagi kesadaran masyarakat akan pentingnya kontrol ke dokter gigi (enam bulan sekali) juga baik. Namun justru masalah erosi gigi yang kini semakin banyak ditemukan. Hal ini berkaitan dengan konsumsi makanan/minuman yang bersifat asam. Yang paling menyolok adalah pada anak-anak dan remaja yang gemar mengonsumsi jus atau minuman isotonik yang bersifat asam, termasuk minuman bersoda yang juga bersifat asam.
Sejauh ini penelitian mengenai erosi gigi pada anak Indonesia belum ada, namun saya perkirakan cuka yang keras juga akan berakibat sama pada email gigi, sehingga saran saya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.
Beberapa hal yang dapat ibu lakukan untuk mencegah dampak buruk cuka antara lain:

  • Berkumur atau minum air putih yang cukup banyak.
  • Mengonsumsinya dengan makanan lain (sayur mayur) sehingga keasaman rongga mulut segera kembali ke kondisi normal.
  • Hindari menyikat gigi langsung sesudah konsumsi makanan yang bersifat asam, karena email sedang dalam keadaan lunak dan mudah terkikis.
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version