Snacking alias ngemil identik dengan kegiatan makan di luar jam makan, yang erat kaitannya dengan kegemukan. Lantas bagaimana bila anak suka ngemil? Perlukah kita membatasinya?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam Infant and Young Children Feeding menganjurkan konsumsi makanan ringan atau snacking, karena bermanfaat. Tak hanya untuk mendukung pertumbuhan fisiknya. Snacking juga memiliki banyak sisi positif lainnya.
Manfaat ngemil

  1. Membentuk pola dan kebiasaan makan yang teratur pada anak.
  2. Pada anak usia 7 bulan hingga 2 tahun kebiasaan ini bisa membantu menstimulasi perkembangan motorik halus:
    • Meraih makanan melatih koordinasi mata tangan.
    • Memasukkan makanan ke dalam mulut dapat memanipulasi tangan untuk menggunakan alat makan yang sesuai ukuran.
  3. Proses snacking dapat menghadirkan momen menyenangkan bagi anak sehingga merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin dan hormon oksitosin yang membuat anak merasa rileks dan bahagia.
  4. Proses pemberian makanan selingan yang teratur dan menyenangkan turut mengembangkan rasa percaya diri anak (basic trust) terhadap ibu, orangtua ataupun pengasuh.


Cerdas memilih cemilan
Ada banyak pilihan cemilan untuk anak, dari yang berupa biskuit, cake, keripik, sereal dan lainnya. Pada dasarnya dalam memilih cemilan untuk anak syaratnya adalah mudah disiapkan. Selanjutnya makanan juga bisa dimakan sendiri oleh anak secara nyaman. Namun, jangan abaikan tiga faktor berikut:

  • Kandungan gizi: membantu melengkapi kebutuhan gizi, rendah gula dan garam
  • Ukuran tekstur: mudah dipegang, gampang meleleh dan bertekstur.
  • Disukai anak: si kecil menikmati proses makan.

Cemilan vs kegemukan
Benarkah ngemil menyebabkan anak kegemukan? Pada dasarnya yang membentuk kegemukan pada anak bukan karena ngemil, namun yang patut dicermati adalah waktunya. Jika cemilan sehat; memenuhi unsur gizi, rendah gula dan garam maka hal itu tidak akan membuat anak gemuk. Selain itu tidak menyebabkan kegemukan karena setiap anak memiliki kontrol. Mereka pasti akan berhenti ketika merasa kenyang dan capek mengunyah.
Nah, ibu tidak perlu khawatir bila si kecil suka ngemil, yang penting sediakan cemilan bergizi di rumah.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version