[pullquote]Jangan sepelekan gerakan menggunting dan menempel, karena ini cara yang baik melatih motorik halus si kecil.[/pullquote]
Motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Gerakan ini membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang cermat.
Salah satu latihan yang dapat diajarkan kepada si kecil adalah menggunting dan menempel. Koordinasi mata-tangan saat menggunting dan menempel dapat merangsang kerja otak si kecil.
Apa manfaat kegiatan menggunting dan menempel ?
1. Melatih motorik halus
Menggerakkan gunting, mengikuti alur guntingan kertas merupakan kegiatan yang efektif untuk mengasah kemampuan motorik halus si kecil. Begitu juga dengan kegiatan menempel. Membuka perekat lalu menempelkan ditempat yang sudah ditentukan membuat jari jemari si kecil lebih terlatih.
2. Melatih koordinasi tangan-mata, serta konsentrasi
Semua ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal mengingat di usia ini merupakan masa pertumbuhan otak yang sangat pesat.
3. Si kecil lebih percaya diri
Ketika si kecil berhasil menggunting dan menempel sebuah bentuk, dia akan melihat hasilnya. Ini merupakan suatu reward positif yang akan meningkatkan rasa percaya dirinya untuk melakukan kegiatan itu kembali, dengan gambar yang lain.
4. Melatih gerakan menulis
Gerakan halus yang dilakukan si kecil saat berlatih menggunting dan menempel kelak akan membantu anak lebih mudah belajar menulis.
5. Ungkapan ekspresi
Menggunting dan menempel dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak. Misalnya saat ibu berulang tahun, mungkin si kecil dapat menggunting gambar bunga.
6. Mengasah kognitif
Koordinasi mata dan tangan pada kegiatan menggunting dan menempel akan menstimulus kerja otak sehingga kemampuan kognitif anak pun akan makin terasah.
menggunting
Usia berapa bisa dimulai ?
Kapan saat tepat menstimulasi anak untuk menggunting ? Bisa dimulai sejak anak berusia 2-3 tahun, dan biasanya anak terampil saat usia 4 tahun.
Dampingi anak saat menggunting dan menempel

  1. Pilihkan gunting yang aman buat si kecil (ujungnya tumpul, dan pegangannya terbal).
  2. Berikan contoh memegang gunting yang aman dengan posisi benar. Jelaskan jari mana yang harus masuk ke lubang bagian bawah dan jari yang harus masuk ke lubang bagian atas. Lalu praktekkan cara menggunting.
  3. Ulangi lagi bagaimana cara si kecil memegang gunting.
  4. Biarkan anak menggunting kertas dengan bebas. Lalu berikan pola garis lurus, melengkung, secara bertahap tambah polanya, misalnya bulatan, kotak, segitiga, dan lain-lain.

Untuk pelajaran menempel, berikan contoh cara membuka stiker dan menempelkannya. Memberi contoh dengan dipraktekkan akan lebih dimengerti dibandingkan penjelasan dengan kata-kata.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version