[pullquote]Apakah ibu sudah punya usaha sendiri di rumah? Apakah ibu menjalankannya secara online? Jika iya, maka ada satu hal lagi yang harus dilakukan, yaitu memasarkannya secara online.[/pullquote]
[dropcap]O[/dropcap]nline marketing memang bahasan yang sangat luas dan mencakup banyak hal. Tapi online marketing atau digital marketing dapat disederhanakan sebagai segala upaya atau aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui internet. Tujuan dari digital marketing adalah agar ibu bisa menjangkau pelanggan lebih cepat, lebih personal, serta menyampaikan promosi yang sifatnya lebih relevan dan tidak asal sebar.
Saat ini, tersedia aplikasi maupun media digital baik gratis maupun berbayar yang dapat dipergunakan dalam digital marketing. Apalagi dengan kehadiran berbagai gadget mobile. Ya betul, semua gadget dan smartphone yang ibu miliki juga bisa digunakan untuk mendukung strategi digital marketing. Singkatnya, kini ibu bisa menjalankan bisnis dan berhubungan dengan pelanggan kapan pun, dan di mana pun.
Mengapa harus promosi online?
Seorang ibu biasanya menemukan berbagai kendala dalam menjalankan bisnis online, terutama yang berhubungan dengan waktu dan tenaga. Nah, dengan memanfaatkan strategi digital marketing ini diharapkan ibu bisa lebih efisien dan efektif dalam menjalankan usaha dari rumah.
Ada berbagai kelebihan dari pemasaran online atau digital marketing ini. Pertama, lebih hemat karena promosi tidak harus melalui media tradisional seperti brosur, billboard, iklan, dan lainnya. Sambungan internet yang semakin kencang dan murah, serta berbagai tools dan media yang tersedia secara gratis bisa ibu manfaatkan.
Kelebihan lainnya, digital marketing jelas lebih cepat dan tepat sasaran. Maksudnya, segala macam pesan dan konten promosi yang dikirimkan akan lebih cepat diterima pelanggan. Dengan sekali klik, ratusan bahkan ribuan pelanggan bisa langsung menerimanya. Pesan dan konten promosi itu pun bisa kita atur dan sesuaikan dengan pelanggan yang dituju. Dengan demikian,  segala hal yang kita kirimkan akan lebih relevan bagi masing-masing pelanggan.
Lalu muncul pertanyaan berikutnya, mengapa ibu memerlukan pemasaran untuk bisnis online? Setiap bisnis memerlukan marketing, tak terkecuali juga bisnis online. Ini karena dalam pasar masa kini nyaris setiap bisnis sudah dikelilingi oleh banyak pesaing. Bahkan produk yang bagus pun memerlukan pemasaran untuk dapat memenangkan hati banyak pelanggan dalam jangka waktu panjang.
Ayo mulai sekarang juga!
Nah, sebelum ibu mulai, kita tentu tidak boleh melupakan dasar dari setiap pemasaran, baik digital maupun tradisional.

  1. Memilih merek. Pilihlah merek yang memiliki arti dan bisa mewakili bisnis ibu, yang pasti, enak diucapkan. Dengan demikian, merek tersebut pasti lebih mudah diingat dan bisa diingat dalam waktu yang lebih lama.
  2. Suatu merek juga harus didukung oleh logo. Desainlah logo yang menarik, mudah diingat, dan relevan dengan merek usaha ibu. Logo yang bagus bisa berbicara dengan bahasa ‘visual’ yang lebih mudah terekam di otak pelanggan.
  3. Ciptakan slogan yang mudah diingat. Soal slogan, buatlah sesingkat mungkin, dan bisa menjelaskan produk yang ditawarkan. Slogan yang ampuh bisa menjelaskan suatu bisnis hanya dengan satu kalimat.

Langkah-langkah menggunakan media sosial
Menjalankan digital marketing ini sesungguhnya menyenangkan. Mengapa demikian? Karena kebanyakan tools dan medianya justru disediakan secara gratis di internet. Jika ibu pernah mendengar media sosial atau social network, itulah senjata terampuh sekaligus termurah yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan digital marketing. Sebut saja Facebook, Twitter, Youtube, Google+, Path, LinkedIn, Pinterest, dan masih banyak lagi, semuanya bisa dimanfaatkan, baik secara individual, maupun saling terintegrasi.
Step #1. Dari sedemikian banyaknya media sosial tersebut, apakah harus kita pakai semuanya? Tentu tidak! Strategi awalnya adalah melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui siapa saja target market bisnis ibu. Siapa saja target pelanggan atau calon pelanggan yang prospektif. Lalu, cari tahu sebanyak mungkin media sosial apa yang mereka gunakan. Menurut survei media sosial yang dilakukan oleh kebanyakan institusi di internet, konsumen di Indonesia paling banyak adalah pengguna Facebook dan Twitter.
Step #2. Jika sudah memilih satu atau dua media sosial yang akan digunakan, pastikan ibu mempunyai friends atau pun follower yang berisi semua pelanggan dan calon pelanggan bisnis ibu. Tak ada gunanya memakai media sosial yang tidak digunakan oleh pelanggan, karena pesan kita tidak akan sampai ke pelanggan.
Step #3. Pintar-pintarlah dalam memanfaatkan dan menggali kelebihan dari media sosial yang ibu pakai untuk menjangkau pelanggan. Biasanya Facebook sangat ampuh untuk menampilkan suatu produk beserta deskripsi singkat, dan mulai memancing komentar dari para pelanggan tentang produk tersebut. Sedangkan Twitter lebih bagus digunakan untuk mem-broadcast atau menyebarkan berita, seperti promosi diskon dengan batas waktu, program-program menarik, jadwal acara untuk event, dan lain-lain.
Maksimalkan lagi pemasaranannya
Hal lain yang tak kalah penting bagi ibu dalam menggeluti digital marketing ini adalah mempelajari ilmu fotografi. Ini karena ibu akan banyak sekali menggunakan tampilan visual, baik berupa foto, gambar, desain, dan lain-lain. Promosi online yang bagus seringkali disertai dengan foto produk yang bagus pula.
Untuk lebih memaksimalkannya lagi, alangkah baiknya jika dapat mengelola blog, yang diintegrasikan (link) dengan semua media sosial yang ibu gunakan. Media sosial mempunyai keterbatasan dalam menampung informasi dalam satu waktu yang bersamaan. Segala posting-an dan konten yang ibu masukan ada kemungkinan akan terdorong ke belakang karena begitu banyaknya posting yang dimasukkan oleh pengguna lain.
Tapi dengan blog, ibu tetap bisa menampilkan katalog produk plus segala informasinya secara teratur, dan mudah untuk dicari atau di­-search oleh pelanggan. Blog terutama sangat cocok untuk produk atau jasa yang belum dikenal luas, dan masih memerlukan banyak edukasi dan keterangan. Satu lagi kelebihannya, semua blog lebih mudah ditemukan oleh si mesin pencari Google. Ketika pelanggan sedang mencari informasi tentang bisnis online ibu, maka merek bisnis dan nama ibu akan muncul di halaman pertama dari hasil pencarian Google tersebut.
Nah, sudah siapkah ibu menjalankan digital marketing untuk bisnis ibu? Mulailah sekarang sebelum pesaing ibu yang memulainya!
 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version