Dok, saya amat prihatin dengan maraknya pelecehan seksual pada murid-murid sekolah. Saya memiliki putri (5 tahun) yang duduk di bangku taman kanak kanak. Pertanyaannya, bagaimana ya Dok memberi pemahaman kepada putri saya tentang bahaya pelecehan seksual ini. Mohon sarannya, Dok. Terima kasih.
Dina Sardia Jakarta Selatan
=================================================================================
Dear Ibu Dina, terima kasih atas pertanyaannya.
Kasus pelecehan seksual serta kekerasan seksual memang menjadi pusat pemberitaan akhir-akhir ini dan membuat orangtua menjadi lebih waspada serta khawatir. Sebagai mana kita ketahui dampak dari perlakuan tersebut sangat bervariasi dan tidak jarang menimbulkan berbagai masalah kesehatan jiwa sampai gangguan mental pada anak dan remaja.
Menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai orangtua selalu dapat menjaga anak-anak tersebut agar bisa melindungi diri sendiri sedini mungkin. Kaitannya dengan hal tersebut adalah memberi pendidikan tentang kesehatan reproduksi harus dimulai sejak usia dini sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Anak Ibu yang masih berusia 5 tahun, perkembangan kognitifnya masih berada pada tahap pra-operasional (menurut Teori perkembangan dari Jean Piaget). Anak di usia tersebut masih berpikir konkrit sehingga pendidikan tersebut dapat dilakukan dengan media gambar.
Yang terpenting adalah sikap orangtua yang membantu anak untuk memahami bahwa tidak ada yang boleh menyentuh mereka selain orangtua. Perlu ditanamkan bahwa orangtua adalah orang yang menyayangi dan menjadi pelindung sehingga mereka merasa dekat dan nyaman bersama orangtuanya. Jika mereka merasa nyaman dan aman bersama dengan orangtua maka setiap perbuatan yang tidak menyenangkan dari orang lain akan dilaporkan sehingga masalah yang terjadi tidak berkelanjutan. Selain itu, orangtua harus menyadari sepenuhnya bahwa mereka adalah orang yang bertanggung jawab untuk membesarkan, mengasuh, serta mendidik anak, bukan sebagai orang yang menebar rasa cemas dan khawatir apalagi melakukan tindak kekerasan.
Jika semua berjalan dengan baik, niscaya anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Terima kasih.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version