Memandikan buah hati Anda kelihatannya memang sepele, namun Anda mesti memperhatikan detilnya agar ia aman dan nyaman.
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]K[/dropcap]etika dilahirkan kulit bayi begitu lembut dan masih sensitif sehingga Anda perlu menjaganya dengan baik. Kulitnya tidak cepat kotor, karenanya di hari-hari pertama kelahiranya, Anda mungkin belum perlu memandikannya, sampai ia siap. Jika ingin memandikannya, Anda bisa melakukan mandi lap dengan air hangat dan kapas.
Selama dalam kandungan, bayi merasa hangat, karenanya ia mungkin kelihatan kurang senang dengan rasa dingin. Karenanya ketika pertama kali memandikannya, pastikan suhunya hangat. Mungkin Anda merasa khawatir, namun percayalah ini hanya soal waktu, ketika tali pusatnya lepas, Anda mungkin lebih percaya diri untuk memandikannya.
Apa yang perlu disiapkan?
Sebelum memandikan si kecil, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Apa saja?

  • bak mandi dengan alas anti licin
  • suhu air patikan cukup hangat (sekitar 30 derajat)
  • sabun dan sampo yang lembut
  • celemek kedap air dengan lapisan belakang plastic
  • waslap lembut
  • handuk besar yang lembut
  • popok dan pakaian bersih

Step by step
Mungkin kelihatannya sederhana, kita ´hanya´ memandikannya kan? Benar. Namun jika Anda melakukan kesalahan bisa fatal akibatnya. Karenanya perhatikan langkah-langkah berikut;.

  1. Siapkan bak mandinya, pastikan bak mandi dalam keadaan bersih. Isi dengan air hangat, periksa dengan siku. Kalau mau lebih pasti ukur dengan termometer, suhu yang disarankan 30 derajat.
  2. Pangku si kecil, di sebelah bak mandinya lepaskan pakaiannya, siapkan popok ekstra jika sewaktu-waktu ia kencing.
  3. Setelah pakaiannya dilepas, bungkus ia dengan handuk besar. Ambil kapas yang telah dibasahi dengan air matang hangat, bersihkan wajahnya perlahan. Usapkan kapas di sekitar mata dan mulutnya. Bila bayi sudah besar, gunakan waslap.
  4. Jika ingin mengeramasinya, basahi kepala si kecil dengan tangan. Lalu dengan lembut berikan sedikit sampo dan ratakan. Lalu bilas dengan air bersih, dan cepat keringkan dengan handuk kecil. Awas hati-hati, bayi gampang panik bila wajahnya tertutup handuk.
  5. Langkah berikutnya adalah membasahi tubuhnya dengan air hangat, dan mengoleskan sabun ke seluruh badannya. Pilihan lain adalah sabun cair yang dituangkan ke dalam bak mandi.
  6. Cuci bagian tubuh yang paling bersih, lalu yang paling kotor. Ini akan mengurangi penyebaran kuman.
  7. Saat memasukkan ke bak mandi, pastikan si kecil dalam keadaan nyaman. Letakkan telapak tangan Anda di punggung serta sangga leher dan kepalanya.
  8. Selimuti kembali dengan handuk, sambil mengeringkan seluruh tubuhnya dengan menepuk-nepukkan handuk.
  9. Setelah memastikan bahwa setiap lekukan tubuh si kecil kering, kenakan pakaiannya.
  10. Kulit bayi cenderung kering, jika perlu oleskan pelembab yang sesuai untuk kulitnya.

Nyanyikan lagu
Sambil memandikan si kecil, senandungkan ia lagu. Ciptakan suasana yang menyenangkan saat mandi, agar si kecil merasa nyaman. Sejumlah pakar kesehatan anak menyatakan bahwa stimulasi baik bagi tumbuh kembang si kecil, dan mandi merupakan stimulasi yang baik, karena melibatkan indera sentuhan dan suara.
Referensi:

  1. Williams F, MD: Babycare for Beginner. Carol & Brown Limited. 2003.
  2. Muhandari A.: Perawatan kulit bayi. 2006

 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version