Mana kala si kecil sakit ingin rasanya melihatnya cepat sembuh, namun keinginan ini sering kali terkendala dengan sulitnya memberi obat. Agar tepat sasaran, ketahui apa saja yang harus Bunda perhatikan.

  1. Pertama-tama, baca dengan teliti petunjuk penggunaan obat. Jika obat tersebut diresepkan oleh dokter, ikuti petunjuk dokter.
  2. Amati apakah dosis telah sesuai dengan melihat pada lembar keterangan obat (terutama untuk obat jual bebas).
  1. Untuk sirup, pastikan kapan terakhir dibuka. Dan pastikan bahwa botol tertutup dengan rapat.
  1. Obat puyer sebaiknya tidak digunakan lagi setelah disimpan, apalagi bila terjadi perubahan warna.
  1. Untuk obat sirup atau pil, simpan di tempat sejuk dan kering.
  1. Cicipi terlebih dahulu rasa obat yang telah disimpan sebelum memberikannya pada anak.
  1. Bila anak sulit minum obat, bisa disiasati dengan mencampur obat dengan makanan/minuman lain (biasanya madu, susu atau jus buah). Tanyakan terlebih dahulu saat Anda menebus obat, apakah itu akan memengaruhi khasiat obat.
  1. Bila Anda memberi obat yang dijual bebas, perhatikan petunjuk penggunaan, apakah obat tersebut boleh dikonsumsi anak-anak. ditujukan untuk anak-anak. Cermati komposisinya, termasuk zat aktif  dalam obat, efek samping, dan dosis yang tepat untuk anak Anda.
  1. Hindari memberi dua macam obat dengan isi yang serupa. Jika Anda menggunakan dua macam obat jual bebas, konsultasikan terlebih dahulu pada ahli farmasi atau dokter Anda.
  1. Gunakan sendok atau alat ukur yang sudah disediakan, misalnya pipet, sendok takar, atau gelas takar. Sendok teh ataupun sendok makan berbeda dengan sendok obat.
  1. Jangan pernah menaikkan dosis di luar yang dianjurkan, meski anak terlihat lebih sakit.
  1. Perhatikan berat badan dan usia anak. Jika memungkinkan untuk menghitung dosis, lebih baik hitung secara akurat (misalnya dosis parasetamol adalah 10-15 mg/kgBB).
  1. Untuk anak di bawah 2 tahun sebaiknya lebih berhati-hati dalam memberikan obat jual bebas.


Cermat dalam memberikan obat pada si kecil merupakan bagian dari kesembuhannya. Jadi, sebaiknya perhatikan catatan kecil di atas. Salam sehat.
Menyimpan obat

  1. Simpan obat jauh dari jangkauan anak-anak.
  2. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat (untuk sirup atau pil dalam botol kaca, tutup rapat).
  3. Perhatikan kemasan obat sebelum menyimpan, apakah tutupnya masih rapat, pastikan tak ada perubahan warna dan bau saat Anda mau menggunakannya kembali.
  4. Tidak ada batas waktu pasti kapan obat yang telah dibuka dapat disimpan hingga tanggal kadaluwarsanya.
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version