[pullquote]“Vito kok belum bisa duduk ya, padahal usianya sudah hampir 7 bulan? Dulu Vitra kakaknya umur 6 bulan sudah mampu duduk,” keluh Ny. Astari tentang putera bungsunya yang belum mampu duduk.[/pullquote]
[dropcap]K[/dropcap]eluhan di atas sering terlontar dari orangtua yang khawatir dengan perkembangan buah hatinya. Perkembangan motorik pada bayi memang tidak sama antara satu bayi dengan bayi lainnya. Namun yang pasti bayi akan melalui perkembangan tersebut. Tiap tahapan harus dikuasai bayi sebelum lanjut ke tahapan berikutnya. Misalnya kemampuan untuk duduk, bayi harus bisa menegakkan kepalanya terlebih dahulu.
Ada beberapa kemampuan dasar yang dibutuhkan anak untuk dapat berjalan sendiri;

  1. duduk tanpa bantuan
  2. merangkak
  3. berdiri dengan bantuan
  4. berjalan dengan bantuan
  5. berdiri sendiri
  6. berjalan sendiri

Kemampuan duduk tanpa bantuan merupakan tahapan perkembangan awal yang membuat tubuh melawan gravitasi. Kapan seorang anak dikatakan dapat duduk? Bila anak dapat didudukkan tanpa bertumpu pada tangan.Bagaimana menguji kemampuan duduk anak?

  1. Pegang anak pada ketiak dari depan.
  2. Posisikan anak duduk.
  3. Berikan anak mainan

Apabila anak duduk dengan kepala tegak selama 10 detik tanpa bantuan tangan untuk menopang, maka berarti anak sudah memiliki kemampuan untuk duduk.
Kapan anak mampu duduk?
Anak dapat duduk antara usia 3,8 sampai 9,2 bulan. Lakukan uji duduk saat anak berusia 4 bulan. Bila anak belum juga bisa duduk di usia 9 bulan, jangan tunggu lagi. Konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version