Munculnya flek dapat mencemari kemulusan wajah. Ayo ketahui cara mengatasinya.

Kulit wajah yang semula halus tiba-tiba berubah tak indah karena munculnya bercak berwarna kecoklatan atau hitam. Inilah yang disebut flek, sering dijumpai di beberapa area wajah seperti di pipi dan hidung, walaupun kadang terdapat di beberapa bagian tubuh lainnya seperti di punggung, lengan atau tangan.
Penyebab flek
Flek bersifat rata, berbeda dengan spruten yang bersifat melenting di kulit. Flek memiliki ukuran yang bervariasi. Dapat dialami oleh segala jenis kulit tapi kebanyakan flek dialami oleh mereka yang berkulit terang. Usia rata-rata yang mengalaminya pun kebanyakan di atas 50 tahun, tapi bukan berarti seorang dengan usia yang lebih muda bebas dari flek. Aktivitas di luar rumah sangat berpengaruh pada kemunculan flek.
Flek terjadi akibat pigmen-pigmen sel yang berkembang terlalu aktif. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama juga turut mempercepat produksi melamin. Melamin yang diproduksi dalam konsentrasi tinggi pada akhirnya akan menimbulkan bintik-bintik penuaan pada kulit.
Cegah dan atasi
Flek atau bintik-bintik penuaan sebenarnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun dari segi estetika dapat mengganggu penampilan. Salah satu cara mengatasi flek adalah dengan pemutih kulit, yang bertujuan memudarkan warna gelap. Selain itu, kita dapat melakukan tindakan untuk mencegah munculnya flek, dengan:

  • Menghindari paparan sinar matahari secara langsung antara pukul 10.00 – 14.00.
  • Gunakan tabir surya sebelum keluar rumah untuk melindungi kulit dari sinar UVA Dan UVB. Oleskan setiap 2 jam sekali atau tiap kali kulit mulai berkeringat.
  • Untuk perlindungan dari sinar matahari, gunakan pakaian yang menutupi lengan dan kaki. Topi lebar atau payung juga berguna melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari secara langsung pada area muka.

Jika flek dirasa sudah mengganggu penampilan Anda, ayo konsultasikan dengan dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version