[pullquote]Meskipun berpuasa, kita mesti tetap sehat dan bugar agar aktivitas tetap terjaga saat melakukan rutinitas sehari-hari.[/pullquote]
Energi yang dihasilkan oleh tubuh erat kaitannya dengan makanan yang kita makan sehari hari. Makanan yang kita makan akan dimetabolisme dalam tubuh sehingga akan menghasilkan energi. Saat berpuasa tentu kita harus mempersiapkan energi karena ± 12 jam tidak mengonsumsi makanan apapun.
Glukosa merupakan komponen terpenting metabolisme tubuh dalam penyediaan energi, glukosa hasil dari konversi karbohidrat di dalam hati. Karena itu karbohidrat adalah salah satu dari tiga makro nutrien yang diperlukan tubuh dalam diet seimbang yang bertanggung jawab untuk menyediakan kalori yang diperlukan untuk produksi energi.
Pada keadaan puasa simpanan karbohidrat berkurang dibawah normal namun glukosa tetap dapat dibentuk untuk penyediaan energi, glukosa yang dibentuk didapat dari protein dan lemak yang berperan dalam pembentukan cadangan energi dalam tubuh saat tubh berpuasa .
Bagaimana menyikapinya?
Agar tetap bugar dalam keadaan puasa dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat sahur. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah makanan yang terdiri lebih dari tiga molekul gula sehingga di serap oleh tubuh jauh lebih lambat oleh karena itu dapat menahan kenyang lebih dari 6 jam seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal dan juga mengonsumsi makan yang mengandung serat tinggi yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan.
Bagaimana agar tetap bugar saat berpuasa?

  1. Konsumsi banyak air putih pada waktu sahur agar tidak terjadi dehidrasi.
  2. Hindari konsumsi makanan berlemak.
  3. Tidak dianjurkan makan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi berlebihan, karena makanan ini sangat cepat dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga kadar gula darah akan meningkat secara signifikan. Akibatnya, tubuh mudah lapar.
  4. Batasi aktivitas fisik berlebihan agar tidak mudah lelah.
  5. Waktu tidur cukup.

Olahraga yang sesuai bagi orang yang berpuasa
Mulailah dengan olahraga intensitas ringan di pagi hari seperti jalan santai atau bersepeda, sebaiknya tidak melakukan olahraga intensitas sedang berat pada keadaan sedang berpuasa, dan sebelum olahraga jangan lupa melakukan pemanasan dan streching dan melakukan pendinginan setelah olahraga
Saran berpuasa yang sehat
Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa tentu dibutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang saaat sahur dan berbuka, oleh karena itu komposisi yang dianjurkan adalah setengah piring harus berisi sayur, seperempatnya karbohidrat seperti nasi, lalu seperempatnya lagi protein dan sedikit lemak.
Nah, selamat menjalankan ibadah puasa.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version