[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]C[/dropcap]od liver oil yang diekstrak dari hati ikan cod diyakini baik bagi kesehatan, mulai dari anak hingga dewasa. Cod liver oil mengandung Omega-3 (EPA dan DHA) serta vitamin A dan D3 yang merupakan nutrisi penting bagi perkembangan otak, serta kesehatan mata. Cod liver oil juga mengandung asam lemak kaya manfaat, yaitu asam lemak jenuh 25% dan asam lemak tidak jenuh 75%.
Kandungan cod liver oil
Ada 2 jenis PUFA yang sangat terkenal, yakni DHA dan EPA, di mana gabungan konfigurasi atom karbon keduanya dikenal sebagai omega-3. Jenis ikan laut yang kaya kandungan omega-3 antara lain hati ikan cod, salmon, tuna, sardin, herring, makerel, dan kerang-kerangan. EPA dan DHA berfungsi menjaga sistem saraf dan penglihatan, membantu pembentukan sistem saraf janin, menurunkan reaksi radang, mengurangi rasa sakit pada rematik, memperlambat proses kerusakan tulang, menjaga kesehatan jantung bahkan mencegah depresi. DHA berperan dalam pembentukan sel saraf otak, melindungi serabut sel saraf dan pemeliharaan fungsi otak dan indera penglihatan, khususnya retina mata.
Minyak ikan juga mengandung vitamin A dan D dalam jumlah tinggi. Manfaat vitamin A membantu proses perkembangan mata, sementara vitamin D untuk proses pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat. Nah, kadar kedua vitamin ini dalam tubuh ikan akan meningkat sejalan dengan bertambah umurnya. Umumnya, kadar vitamin A dalam minyak ikan berkisar antara 1.000–1.000.000 SI (Standar Internasional) per gram, sementara vitamin D sekitar 50–30.000 SI per gram.

Minyak hati ikan termasuk bahan makanan sumber lemak yang rendah kolesterol, sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat untuk memberikan label “aman” untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, maupun orang dewasa.

Meski bernilai gizi baik, namun kandungan minyak di dalam ikan ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu jenis ikan , jenis kelamin, umur (tingkat kematangan), musim, siklus bertelur, dan letak geografis perairan tempat si ikan hidup.

Berapa banyak boleh dikonsumsi?
Konsumsi cod liver oil pada bayi dan anak didasarkan pada berat badannya. Misalnya saja, bila berat badan anak 10 kg, dia cukup mengkonsumsi minyak ikan sebanyak satu sendok teh setiap hari.
Jika berat badannya lebih dari 10 kg, gunakan alat takar berupa sendok makan, karena jumlah kebutuhannya juga akan meningkat.

Sebenarnya, ada cara gampang mengatur dosis konsumsi cod liver oil untuk anak. Ikuti saja aturan yang ada dalam kemasan. Produk yang dijual di pasaran biasanya juga ditambahkan zat-zat gizi lain, sehingga ukuran takaran yang dianjurkan pun sudah disesuaikan antara kandungan gizi yang ada dengan kebutuhan anak. Namun, bila perlu, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter. Dan jangan lupa demi menjaga kestabilannya, disarankan untuk menutup kemasan dengan rapat dan simpan di tempat yang sejuk.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version