Wah…. tanpa terasa Lebaran menjelang. Terbayang repotnya mempersiapkan segala keperluan menyambut hari nan fitri ini. Satu hal lagi yang identik dengan Lebaran adalah tradisi mudik alias pulang kampung.

 
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]M[/dropcap]eski repot tapi tradisi ini seolah sudah mendarah daging di masyarakat. Kalau tidak mudik rasanya tidak plong. Bagaimana persiapannya agar acara mudik Anda berjalan baik, sekalipun membawa serta si kecil. Simak catatan penting berikut ini;
 
Persediaan susu
Semakin muda usia anak, semakin cermat persiapan Anda. Bayi di bawah 6 bulan yang belum mengenal makanan, persiapan susu bisa jadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Bagi bayi dengan  ASI eksklusif, ada baiknya Ibu mempersiapkan ASI di dalam botol, dan menyimpannya di cooler box. Ini sebagai persiapan bila si kecil lapar saat Anda tengah berada di keramaian, misalnya di bandara. Jangan lupa membawa termos air panas untuk merendam ASI sebelum diberikan kepada si kecil.
 
Jika bayi Anda minum susu formula, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan perjalanan. Anda bisa menyimpan susu yang sudah ditakar pada tempat tersendiri, membawa botol kosong yang steril, dan air putih hangat dalam termos terpisah. Atau, Anda bisa membuat susu cair dan memasukkannya terlebih dulu ke lemari es dan membawanya dalam cooler bag seperti ASI perasan, dengan begitu Anda tinggal menghangatkannya saat si kecil mau minum susu. Untuk mencegah bayi rewel, perkirakan jam-jam laparnya dan pastikan Anda sudah “siap” menghadapinya.
 
Persiapan makan
Untuk si kecil, dalam suasana emergency Anda bisa membawa makanan instant yang tinggal diseduh air panas atau membawa makanan beku dalam tas pendingin. Sisa makan yang sudah dikonsumsi si kecil meskipun baru sedikit, sebaiknya tidak disimpan lagi karena mudah terkontaminasi bakteri.
 
Meski buah hati Anda masih kecil, perjalanan sering membuatnya lebih cepat lapar. Bawalah camilan kering seperti biskuit atau crackers, dan bawalah air putih melebihi kebutuhan yang Anda perkirakan. Selain cepat lapar, anak juga lebih cepat haus dalam perjalanan. Hati-hati, anak tersedak saat mengemil di perjalanan, jadi pastikan Anda mengawasinya.

travelblat.com

Perangkat makan yang perlu dibawa :

  1. mangkuk/piring khusus makan bayi
  2. sendok plastik yang sesuai usia dan fungsinya
  3. cangkir bertutup untuk minum
  4. termos air panas
  5. alas makan
  6. botol susu
  7. wadah untuk susu formula yang sudah ditakar
  8. cooler bag, jika perlu
  9. warmer portable, jika perlu

 
Peralatan untuk ganti popok/pakaian :

  1. tas atau kasur lipat untuk mengganti popok
  2. popok sekali pakai
  3. tissue khusus bayi
  4. krim bayi untuk mencegah ruam popok
  5. kantong plastik untuk popok dan pakaian kotor
  6. breast pad untuk ibu yang menyusui
  7. topi
  8. baju dingin atau jaket

 
Tip berkemas untuk mudik :

  1. mulailah berkemas beberapa hari sebelum perjalanan pulang kampung
  2. gunakan tas khusus yang tak tembus air, dengan pegangan yang kokoh untuk dibawa kemana-mana
  3. letakkan obat dan peralatan mandi di tempat tersendiri yang tak tembus air
  4. pakaian bayi disusun dengan pasangannya dan diletakkan dalam satu tas
  5. satukan peralatan makan dalam satu tas khusus yang mudah Anda bawa kemana-mana
  6. Jangan lupa bawa kamera, untuk mengabadikan moment penting kebersamaan Lebaran Anda sekeluarga dengan saudara di kampung halaman.

 
Jadikan momen perjalanan ke kampung halaman saat Lebaran bersama si kecil menjadi saat menyenangkan dengan persiapan yang matang. Si kecil riang, semua senang.
 
Referensi :

  1. Syoppard, M. Everyday care for your baby. Kingston. Britain. 2007
  2. Tips for travelling with baby. Www.homemade-baby-food-recipe.com
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version