[pullquote]Memiliki anak cerdas tentu menjadi keinginan orangtua, namun yang sering tak disadari adalah kecerdasan anak dimulai saat ibu hamil.[/pullquote]
Otak anak sudah dibentuk sejak usia kehamilan 8-14 minggu. Itu sebabnya ibu hamil sangat dianjurkan menjaga kesehatan kehamilannya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan memberikan stimulasi kepada janin.
Perkembangan otak
Otak mulai berkembang sejak 8-14 minggu setelah proses pembuahan terjadi. Proses tersebut kemudian berlangsung dengan cepat terutama di trimester akhir kehamilan. Proses selanjutnya terjadi begitu bayi dilahirkan hingga berusia 3 tahun. Inilah yang disebut sebagai golden period.
Pada saat janin berusia 3 minggu, hubungan antar sel saraf sudah mulai terjadi dan saat janin berusia 6 bulan, jaringan otak semakin berkembang dan sudah mendekati sempurna.
Apa yang memengaruhi pertumbuhan otak anak?

  1. Faktor ibu selama kehamilan. Selain masalah genetika, juga dipengaruhi oleh masalah nutrisi ibu, racun kehamilan (rokok dan alkohol), penyakit yang menyerang ibu hamil, infeksi saat hamil, dan masalah sosio-ekonomi.
  1. Gangguan plasenta dan kondisi bayi setelah dilahirkan. Misalnya saja kekurangan oksigen, infeksi saraf pusat, kuning.

Dari sekian faktor yang mempengaruhi kesehatan janin (terutama otaknya), yang masih dapat diintervensi adalah nutrisi ibu hamil. Disarankan mengonsumsi makanan bergizi seimbang selama kehamilan.
Nutrisi yang disarankan

  1. Karbohidrat: adalah sumber energi utama (1 gram = 4 kalori). Berfungsi sebagai penjaga kesehatan jaringan saraf serta pembentukan sel-sel darah merah. Kebutuhan per hari sekitar 9 porsi (satu porsi kira-kira setara dengan sepotong roti atau setengah cangkir sereal).
  2. Protein: berfungsi sebagai zat pembangun tubuh (1 gram = 4 kalori). Kebutuhan per hari diperkirakan sebesar 3 porsi (setara dengan 2 butir telur atau 200 gram daging ayam atau ikan).
  3. Lemak : merupakan penyumbang energi terbesar (1gram = 9 kalori) dan juga sebagai pelarut vitamin (A,D, E, K). Selain itu lemak merupakan penunjan prose’s perkembangan saraf/otak dan fungsi penglihatan.

Ibu hamil juga disarankan minum susu minimal segelas per hari plus sayuran dan buah. Disarankan mengosumsi buah 3 porsi sehari. Selain kaya serat untuk mencegah sembelit, sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral.
Kalsium, asam folat, zat besi, iodium merupakan vitamin dan mineral yang meski dalam jumlah sedikit namun penting bagi kesehatan ibu dan bayi.

Stimulasi sejak dalam kandungan
Ajak janin Anda berbicara, bacakan buku cerita kepadanya, nyanyikan lagu-lagu sederhana,  atau perdengarkan musik klasik disertai belaian hangat.
Lakukan stimulasi kapanpun dan dimanapun, misalnya saja menjelang tidur atau saat Anda berada di kantor.
Berikan yang terbaik
Setelah si kecil lahir, segera berikan ASI. Tak diragukan lagi, ASI merupakan makanan lengkap terbaik bagi bayi. Selain kaya nutrisi, ASI juga mengandung AA-DHA, zat yang diyakini dapat mencerdaskan otak si kecil.
Dengan menyusui, selain mendapatkan nutrisi bayi juga mendapatkan kenyamanan karena berada dalam dekapan ibu. Rasa aman dan nyaman ini merupakan sinergi yang positif, baik bagi bayi maupun ibu. Bonding antara ibu-anak melalui menyusui merupakan stimulasi terbaik bagi kecerdasan si kecil.
Konsultan: dr. Boy Abidin, Sp.OG – RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version