Bagi pasangan Oka Antara (36 tahun) dan Rara Wiritanaya (35 tahun), kebiasaan sehat bukan saja membuat keluarga lebih kuat melawan penyakit, tapi juga lebih bahagia. Ketiga buah hati mereka, Akshara (7 tahun ) Nashima, (5 tahun), dan Yuri (3 tahun) pun sudah terbiasa mengadopsi kebiasaan sehat yang diajarkan kedua orangtuanya.
Tidak jajan
Sebagai seorang sineas, Oka memang lebih banyak bertugas di lapangan dengan jadwal pribadi yang sering berantakan. Itu sebabnya ia selalu berusaha kompak dan rajin berkomunikasi dengan Rara. Salah satu hal yang selalu diingatkan pada ketiga buah hati mereka adalah menghindari jajan sembarangan. “Kalau jajan sembarangan kita tidak tahu kebersihan dan nilai gizinya. Nanti kalau sakit perut, kita juga yang repot,” terang Rara ketika ditemui di salah satu mal di Jakarta Selatan.
Untuk menghindari anak jajan sembarangan, pasangan Oka dan Rara bahkan sengaja memilih sekolah yang tidak banyak pedagangnya. Bahkan ketika anak diundang ke pesta ulang tahun, tidak semua makanan yang dibagikan mereka beri pada anak-anak. “Paling kita kasih beberapa biar nggak penasaran saja, selebihnya diberikan pada orang lain saja,” tutur Oka yang pernah berakting di film Mencari Hilal ini. Sebagai selingan makan, biasanya Rara akan menyediakan yoghurt atau buah potong untuk anak-anak.
Gaya hidup sederhana lainnya yang diajarkan Rara dan Oka adalah tidur tepat waktu, menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur, beraktivitas fisik seperti olahraga. Menurut Rara, hal-hal tersebut sudah dilakukan anak-anaknya secara rutin dan akhirnya mereka sudah terbiasa dengan gaya hidup sehat seperti itu.

Kebiasaan mandiri
Selain mengajari makan sehat, Oka dan Rara juga mendidik  ketiga buah hatinya untuk jadi anak yang mandiri. “Kita memulai dari hal yang sederhana, misalnya kalau habis main mereka harus membereskan kembali mainannnya dan memasukkan ke tempatnya. Bahkan menurut Oka, anak-anak sejak bisa pegang sendok sudah  terbiasa makan sendiri, meskipun jadi lama. Selain itu, anak-anak sekarang sudah sadar diri memasukkan baju kotornya ke keranjang pakaian,” tutur pemilik nama Nyoman Oka Wisnu Padha Antara ini.
Oka ingin anak-anaknya belajar mandiri dan disiplin sejak kecil. Mereka terbiasa untuk bangun pagi, mandi, lalu mengikuti kegiatan sesuai dengan waktunya. “Nggak pakai ngambek-ngambekan dulu atau harus selalu dilayani,” kata pemain The Raid 2 ini.
Tak suka mal
Di sela kesibukkan syutingnya, sebagai orangtua Oka tak mau kehilangan waktu bersama buah hatinya. Serepot apapun dengan jadwal syutingnya, Oka selalu menyisihkan waktu bersama ketiga anaknya untuk bersenang-senang di rumah atau  sekadar melakukan kegiatan olahraga ringan di luar ruangan bersama anak-anaknya seperti berenang atau bermain di taman.
“Kalau libur, biasanya anak aku ajak jalan ke taman. Aku sengaja menghindari mal, karena sirkulasi udaranya nggak sehat,” ujar pemain film Ayat-Ayat Cinta dan Perempuan Berkalung Sorban ini tentang kegiatan santai mereka.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version