Merawat pakaian, tak sekadar urusan cuci dan setrika. Banyak hal lain yang perlu diperhatikan agar warna dan kualitas pakaian tetap terjaga. Yuk, cermati labelnya!

  1. Mencuci
    Pisahkan pakaian putih, pakaian berwarna, tingkat kekotorannya, dan jenis bahannya. Beberapa jenis kain ada yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci.
  2. Menjemur
    Gunakan hanger saat menjemur pakaian agar bentuknya tak berubah. Jemur pakaian berwarna dalam keadaan terbalik (bagian dalam yang di luar) agar tidak pudar.
  3. Menyetrika
    Atur suhu setrika agar pakaian tidak rusak.
  4. Menyimpan
    Gunakan pewangi lemari yang sekaligus berfungsi mengusir ngengat, binatang kecil perusak pakaian. Atur jarak pakaian agar tidak ‘berdesakan’

Beda jenis beda perlakuan

  • Baju katun. Baju katun, aman dicuci dengan tangan. Bila menggunakan mesin, gunakan pengering bersuhu rendah.
  • Baju wol. Gunakan deterjen khusus wol. Saat menjemur, letakkan di tempat mendatar, misalnya styrofoam dan semat dengan jarum pentul. Lapisi kain lembab saat menyetrika, agar kain tidak mengilap
  • Baju sutra. Gunakan deterjen khusus. Bila menggunakan mesin, pilih tombol delicate khusus untuk pakaian tipis. Keringkan dengan diangin-anginkan.
  • Baju rayon spandeks. Pisahkan baju rayon dengan pakaian berbahan kasar. Rendam paling lama 20 menit. Hindari mesin cuci, namun jangan disikat atau diperas.

Perhatikan simbol pada label pakaian

  1. Mencuci, digambarkan dengan wadah berisi air. Angka-ngka yang menunjukkan suhu air dan tanda titik  adalah level suhu air . Gambar tangan berarti pakaian harus dicuci dengan tangan.
  2. Bleaching atau memutihkan pakaian dilambangkan dengan bentuk segitiga yang ditengah berisi kode boleh atau tidaknya menggunakan pemutih.
  3. Mengeringkan pakaian diberi simbol lingkaran. Sejumlah titik di dalamnya menunjukkan indikasi suhu. Tanda silang berarti pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin.
  4. Menyetrika ditandai dengan gambar setrika. Tanda titik adalah indikasi suhu. Perhatikan juga tanda  suhu normal atau bahkan tidak boleh disetrika.
  5. Dry cleaningatau proses pencucian tanpa air, tujuannya menghilangkan noda membandel. Namun hati-hati karena dry cleaningbisa membuat pakaian menjadi mengerut atau warnanya pudar. Sebaiknya serahkan pada ‘ahli’nya di tempat laundry.
Share.

Comments are closed.

Exit mobile version