[quote type=”center”]Meski refleks menelan dan mengisapnya belum sempurna, namun bayi prematur harus tetap diberi ASI.[/quote]
 
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]K[/dropcap]ematangan organ pada bayi prematur belum sematang bayi yang lahir cukup bulan. Termasuk refleks mengisap dan menelan. Umumnya refleks hisap dan menelan sudah cukup baik pada bayi dengan masa kehamilan >34 minggu (berat lahir >2000gram). Dengan demikian pemberian ASI dapat diberikan secara langsung. Biasanya dapat berjalan baik setelah bayi berusia 3 hari.
Pada pula bayi yang refleks mengisapnya masih lemah, sementara refleks menelannya sudah berjalan dengan baik, ASI dapat diberikan dengan sonde atau sendok. Meski demikian, bayi tetap harus didekatkan ke puting ibu meskipun belum dapat mengisap, namunsebagai latihan sebelum dia siap menyusui. Awalnya mungkin bayi hanya mencari-cari puting, menjilat-jilat, atau menyusu sedikit. Untuk memastikan bayi Anda cukup mendapatkan ASI, Anda dapat melanjutkan kegiatan menyusui melalui sendok atau cangkir.
 
Sedangkan pada bayi prematur di bawah 32 minggu dengan refleks mengisap dan menelan yang masih lemah, dapat diberikan Human Milk Fortifier (HMF) yang mengandung zat penambah kalori dan elektrolit. Pemberian HMF bisa dilakukan melalui selang khusus, 1-2 kali sehari.
 
Kematangan ASI pada bayi prematur lebih lambat sebulan dibanding bayi normal. Hal ini sesuai dengan kemampuan bayi dalam mengisap dan menelan. Itu sebabnya, bayi yang diberi HMF sebulan kemudian baru bisa mengisap ASI.
 
Selama menunggu bayi prematur siap mengisap ASI, disarankan agar ibu tetap memeras ASI dan menyimpannya, karena sewaktu waktu, dapat dicobakan kepada bayi melalui sendok atau sonde. Ibu tidak perlu khawatir tidak dapat memberikan ASI eksklusif kepada si kecil.
Agar ASI tersedia, ibu harus diajarkan cara memompa atau memerah ASI secara teratur dan yang paling penting adalah ibu tidak boleh stress, cukup istirahat dan makan. Ibu yang stress oleh karena bayi dipisahkan dari ibunya /dirawat di RS, dapat menghambat produksi ASI.

Yang perlu diingat, usahakan untuk selalu memeluk dan melakukan kontak kulit sesering mungkin dengan bayi. Selain untuk menumbuhkan kedekatan Anda dan bayi, cara ini dapat merangsang produksi ASI.
 
Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan. Telah dibuktikan bahwa bayi prematur lebih cepat belajar menyusu pada ibunya dibanding minum dari botol.
Nutrisi bagi bayi prematur

  1. mulailah dengan 60 – 80 ml/kg berat badan/hari
  2. tingkatkan 15ml/kgberat badan/hari
  3. berikan maksimal 180-200ml/kg berat badan/hari
  4. pemberian setiap 2 jam sekali

 
Meningkatkan produksi ASI

  1. pompa ASI sedini mungkin setelah melahirkan
  2. jika mungkin pinjam alat pompa elektrik pada perawat
  3. pompa ASI setiap 3 jam
  4. beri label pada setiap botol yang berisi ASI
  5. usahakan untuk memompa ASI di dekat bayi
  6. lakukan perawatan metode kangguru (PMK)
  7. tekan dan pijat payudara selama memompa

Referensi :

  • Ludington-Hoe SM, Swinth JV, Thompson C, Hadeed AJ. Randomized controlled trial of kangaroo care: Cardiorespiratory and thermal effects on healthy preterm infants. Neonatol. New. 2004, 23;39-48.
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version