[pullquote]Kapan terakhir kali Anda menyediakan waktu hanya untuk menemani anak bermain? Atau sekadar mendengarkannya bercerita? Jika jawabannya, sudah cukup lama, baca terus artikel ini.[/pullquote]
Waktu berkualitas atau quality time adalah waktu yang kita manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang bermakna bersama seseorang. Dalam hal ini, ‘seseorang’ tersebut bisa pasangan, maupun anak-anak kita. Ketika melakukan aktivitas tersebut, perhatian kita harus terfokus hanya pada mereka. Kita juga bisa saling berbagi perasaan maupun pikiran.
Semuanya happy
Lakukanlah aktivitas yang disukai oleh orang yang kita ajak untuk ber-quality time bersama. Jangan memaksakan agar mereka melakukan aktivitas yang kita sukai saja, justru ajak mereka untuk melakukan apa yang mereka sukai. Saat melakukan aktivitas bersama ini, semua orang harus senang di hati, jadi manfaatnya pun akan lebih positif.
Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh seorang anak dengan menikmati waktu berkualitas dengan orangtuanya, antara lain:

  • Anak tahu ia disayang dan ia juga perlu tahu bahwa walaupun ia sesekali nakal, orangtuanya akan tetap sayang padanya.
  • Anak belajar tentang apa artinya menjadi sebuah keluarga. Ia belajar untuk bersikap sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh orangtuanya.
  • Orangtua mengajarkan positive self-esteem dengan memastikan anak tahu bahwa ia harus bangga akan diri sendiri dan norma-norma apa saja yang perlu ia ikuti.
  • Belajar untuk saling percaya dan dipercaya. Anak butuh keyakinan dari orangtuanya bahwa ia dapat melakukan suatu tugas dengan baik.


It’s all about habit
Bagi beberapa keluarga, menyediakan waktu berkualitas ini memang agak sulit karena kesibukan satu sama lain. Namun sesungguhnya hal ini butuh pembiasaan, butuh komitmen dari seluruh anggota keluarga untuk sama-sama melakukan quality time atau family time ini. Contohnya kebiasaan makan malam bersama, sesuai dengan moto: “A family that dines together stays together”.
Anda dan keluarga belum memiliki waktu khusus? Ayo, segera buat agendanya dari sekarang. Ini beberapa alasan lain mengapa waktu berkualitas itu sangat penting untuk Anda dan yang tersayang.

  • Menghabiskan waktu bersama yang seru memperkuat bonding diantara anggota keluarga.
  • Komunikasi antar anggota keluarga pun semakin meningkat.
  • Anak yang memiliki hubungan yang akrab dengan orangtuanya cenderung memiliki prestasi yang baik di sekolah.
  • Anak remaja yang memiliki hubungan baik dalam keluarganya cenderung menjauhkan diri mereka sendiri dari masalah.

Menarik, bukan?
Referensi:

  • http://www.relationshipsfoundation.org/web/content/default.aspx?content=101
  • Cooksey, Elizabeth C.; Fondell, Michelle M., Spending Time with His Kids: Effects of Family Structure on Fathers’ and Children’s Lives, Journal of Marriage and the Family, v58 n3 p693-707 Aug 1996
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version