Isu ini sangat kontroversial. Beberapa penelitian menimbulkan dugaan bahwa bahan pewarna, pengawet dan aditif lain dapat berhubungan dengan hiperaktivitas. Tetapi, tidak ada yang membuktikan bahwa hal tersebut merupakan PENYEBAB dari hiperaktivitas. Hiperaktivitas pada ADHD disebabkan gangguan semacam bahan kimia yang bernama dopamin di dalam otak.

Satu penelitian terbaru pada tahun 2007 terhadap 300 anak berumur 3-9 tahun memperlihatkan bahwa anak yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman berisi pengawet dan pewarna menjadi hiperaktif. Bahan yang terkandung misalnya asam benzoat, sunset yellow, carmoisine, ponceau 4R, tartrazine, quinoline yellow dan allura red. 

Diajurkan kepada orang tua bahwa bila mereka benar melihat bahwa anak menjadi hiperaktif setelah mengkonsumsi pengawet dan pewarna tertentu untuk memnghindarinya. Harus diingat bahwa diit yang ketat dapat menyebabkan malnutrisi dan gangguan perkembangan anak. Diit harus selalu dibawah pengawasan dokter.

Sumber: Mayo Clinic

Share.

24 Comments

  1. Pingback: Apakah pengawet dan pewarna makanan menyebabkan anak menjadi hiperaktif? | Sayabisaberubah's Blog

  2. Pingback: Apakah pengawet dan pewarna makanan menyebabkan anak menjadi hiperaktif? | Sayabisaberubah's Blog

  3. setauku juga makanan yg manis” yg bikin anak hiperaktif……..aduh mendingan sekarang anak kita jgn jajan sembarangan deh….bikin sendiri aja lebi aman

  4. harus hati2 emang ya makanan anak tuh.. apalagi pengawet, pewarna dan gula tambahan yg ga ketauan komposisinya.

  5. rennie stephen on

    iya katanya klo gula juga bisa bikin anak hyperaktif. Temanku ampe ga mau kasih anaknya makan2 yg manis2 menjelang anaknya tdr, karna bakalan bisa lama anaknya ga tdr2 klo kebanyakan makan yg manis2

  6. yuanita sheridan on

    gula ga hanya bisa bikin hyperaktif, bisa sebabkan obesitas juga, jd mending jauhi deh yg namanya pewarna, pengawet, gula tambahan, msg….

  7. iya bener…..klo uda obesitas penyakit lain gampang bgt kenanya….bisa diabetes, jantung….kasian kan masi kecil penyakitnya ky org tua…..

  8. Masa sih kalo kebanyakan gula bikin hiperaktif? bukannya malah nyebabin obesitas yah..yang pada akhirnya malah bikin jadi malas…hehehe.
    kebalikannya dari zat kimia tuh ^^

  9. iya juga si klo kebanyakan gula ya jadi obesitas….apalagi ga dibawa gerak….lama” bisa jadi penyakit jantung dan diabetes

  10. iya juga yah…klo gula malah justru bikin malas…ckckck….
    Kalo kimia..aduh serem deh, anakku sakit ajah gak pernah kukasih antibiotik, sebisanya yang alami aja deh.
    Pasti kan ada obat alaminya tinggal kitanya mau cari atau gak

  11. sebenernya konsumsi apapun jangan terlalu berlebih, yang mau mengandung apapun jangan berlebih, karena sesuatu yang berlebih biasanya pasti akan mengakibatkan efek buruk.

  12. setau aku sih konsumsi gula terlalu berlebih juga bisa membuat anak kita malas beraktivitas. yang akhirnya mengakibatkan obestitas pada anak kita.

  13. waduhhhh…namanya aja juga udah pengawet dan pewarna..ya sudah pasti kurang baik deh ya?? jaman sekarang nih suka banyak juga seperti yang di tv kalau pewarna makanan yang diberi sebenernya bukan bahan pewarna untuk makanan tapi untuk baju..dan juga bahan pengawet..aku lebih suka memberikan anak makanan yang fresh dan alami ketahuan lebih sehat dan menyegarkan..

  14. yang aku pernah tau sih kalau anaknya temenku itu jadi hyperactive karena dari baru lahir itu diberi susu formula karena asi nya ga keluar. tapi aku sendiri juga masih kurang yakin sih, mau tanya juga dong bener apa engga sih ya karena mengkonsumsi susu formula bisa jadi hyperactive? kalau bener, apa mungkin karena kadar gula yang berlebihan.

  15. ga ada untungnya juga kok kelebihan gula tambahan, mungkin hanya terasa enak manisnya saja, tapi akibatnya itu yang ga enak..selain bisa menyebabkan anak obesitas katanya bisa juga membuat anak jadi hyperactive..bener ga sih??

  16. irene.widasti on

    baru tau nie kalo susu juga ada gula tambahannya ….jadi mulai mikir memberikan susu yang ga terlalu manis takut kl kebanyakan makan manis bisa obesitas atau malah bisa hyperaktif juga

  17. pokoknya kita berikan anak anak kita makanan yg alami aja deh spt buah atau sayuran yg kita olah sendiri

  18. gula yang terlalu berlebih juga bisa membuat anak jadi terlalu aktif , selain itu juga bisa menyebabkan obesitas dan kerusakan jaringan otak.

  19. aduh makin banyak bgt sekarang opnum2 yang dengan teganya menyiptakan makanan yang banyak pengawet dan pewarnanya. bikin kita sebagai seorang ibu ga tenang saja kasih makan anak kita.

  20. memang pasti yang lebih baik itu yg alami..
    untuk susu ada kok yg gak pake gula tambahan..yg manisnya hanya dari alami susu..
    itu yg lebih sehat bagi anak,karena selain nutrisinya lengkap juga menghindari karies gigi dan juga obesitas..

  21. sebisa mungkin berikan anak makanan olahan sendiri yg bebas dari bahan pengawet,pewarna dan juga gula tambahan..agar kesehatan anak selalu terjaga..

  22. kalau makanan ringan,bahkan susu formula ada bahan2 yg bisa bikin hyperktif..trus anak balita sebaiknya konsumsi apa dong..?
    kalau susu yg gak ada gula tambahannya apakah bisa mengurangi hiperaktif anak?

Leave A Reply

Exit mobile version