banner-1000006Dear Drg. Wina,
Dok, si kecil saya umur 14 bulan giginya sudah enam buah (atas 4, bawah 2). Perawatan apa yang bisa dilakukan agar kelak gigi permanennya tumbuh sehat? Oh ya Dok, saya perhatikan dua gigi bawahnya tumbuh tidak rata (miring), apa sebabnya ya Dok? Mengingat si kecil saya sangat jarang minum dengan dot (karena masih mendapatkan ASI). Mohon saran. Terima kasih.
Diana YS, Jakarta Barat
Dear Ibu Diana,
Perawatan gigi susu anak Ibu akan mempengaruhi juga perkembangan gigi tetapnya, sehingga Ibu perlu melakukan pemeliharaan sejak usia dini. Pada usia anak Ibu, yang penting adalah pembersihan mulut yang baik dan asupan makanan yang sehat.
Pembersihan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan kassa atau handuk lembut yang dicelupkan dalam air hangat matang, atau Ibu dapat juga membeli sikat gigi khusus untuk usianya. Pastikan menyikat gigi di pagi dan malam hari. Akan jauh lebih baik bila setelah pembersihan gigi malam untuk tidak lagi memberikan makanan/minuman kecuali air putih. Gigi anak Indonesia banyak sekali yang mengalami karies botol (tampak seperti gigi depan geripis) yang dapat timbul sejak usia dini. Hal ini terutama disebabkan kebiasaan minum susu dari botol di malam hari. Adalah sangat baik bahwa Ibu sebagian besar masih memberikan ASI, namun sebaiknya pada usia anak Ibu juga sudah dapat tidur malam yang panjang sehingga tidak “mengempeng” puting susu sepanjang malam. ASI yang diberikan sepanjang malam terbukti dari penelitian dapat juga menyebabkan karies gigi.
Biasakan anak Ibu mengonsumsi makanan/minuman buatan rumah yang dapat dikontrol kandungan gulanya. Jangan biasakan anak menikmati rasa manis yang berlebihan, misalnya: pemberian permen/coklat yang sering, jus kemasan, minuman bersoda, dsb. Kebiasaan pemeliharaan kebersihan mulut dan asupan gizi yang baik akan terbawa sampai anak besar bahkan dewasa.
Untuk sementara ini, jangan khawatirkan posisi gigi yang miring. Oleh karena baru dua gigi bawah yang tumbuh, maka masih begitu banyak tempat yang ada sehingga gigi berpotensi miring dan berjarak. Seiring makin banyaknya gigi yang tumbuh, maka posisi gigi dapat baik dengan sendirinya. Alangkah baiknya bila Ibu dapat mulai membawa si Kecil ke dokter gigi walaupun hanya untuk pemeriksaan singkat ataupun saat Ibu sendiri perlu pemeriksaan gigi, karena apabila dibiasakan akan mengurangi rasa takut anak bila diperlukan perawatan di kemudian hari.

Share.

No Comments

  1. Hardiono Pusponegoro on

    Dear Lareina,
    Biasanya Tic didiagnosis bila sudah berlangsung beberapa bulan. Tidak ada hubungan dengan kejang demam.
    Tic baru diobati kalau berat dan mempengaruhi prestasi belajar serta kehidupan sosialnya. Kalau ringan tidak perlu diobati. Lagipula sebagian besar Tic sembuh sendiri.
    Sekarang tidur yg cukup, kurangi main video game. Jangan ada stress psikologis. Moga2 sembuh sendiri.

Leave A Reply

Exit mobile version