[pullquote]Seiring pertambahan usia, ditambah pola hidup yang kurang sehat, perut pun menggelambir, mengikis rasa percaya diri. Kembalikan tampilan Anda dengan metode abdominoplasty atau tummy tuck.[/pullquote]
Setiap wanita selalu mendambakan tubuh yang tetap menarik dengan perut yang ramping. Namun bertambahnya usia kadang disertai tumpukan lemak yang di area perut, lengan, paha, dan sekitarnya. Terkadang ada lemak yang membandel, meskipun sudah olahraga dan diet ketat, namun tak kunjung hilang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah abdominoplasty atau tummy tuck.
Apa itu tummy tuck?
Abdominoplasty atau tummy tuck merupakan prosedur operasi bedah plastik untuk pengencangan perut. Tindakan estetika ini dilakukan dengan menghilangkan kelebihan kulit kendur, kelebihan lemak dan mengencangkan otot perut yang biasa terjadi setelah persalinan. Bagi para wanita yang menginginkan tampilan perut terlihat lebih indah metode ini bisa dicoba.
kecantikan
Bagaimana prosesnya?            
1. Full abdominoplasty
Tindakan ini membuang kelebihan kulit dan lemak di perut, dengan cara membuat memanjang di garis perbatasan perut dan daerah tulang kemaluan (bikini’s line). Kulit dan otot perut dikencangkan dan kelebihan kulit tersebut dibuang. Lokasi pusar pun disesuaikan dengan kondisi perut yang baru. Setelah itu dokter bedah estetika dengan teknik tertentu merapikan bekas sayatan sehingga seminimal mungkin meninggalkan bekas luka operasi.
2. Mini abdominoplasty
Tindakan ini mengencangkan perut di bawah pusar. Jadi tidak ada pemindahan pusar  seperti pada full abdominoplasty yang minimal invasive atau berupa sayatan kecil dengan menggunakan endoskopi (serat optik) tetapi menghasilkan sayatan yang panjangnya tetap sama.

Adakah efek sampingnya?
Memiliki perut rata dan indah bagi para wanita memang suatu hal yang membanggakan. Tetapi sebelum memutuskan apakah Anda perlu melakukan tummy tuck, ketahui apa saja yang dirasakan setelah tindakan abdominoplasty.

  • Rasa nyeri dan bengkak di area operasi dapat terjadi selama beberapa minggu. Dapat diatasi dengan pemberian anti nyeri.
  • Terdapat bagian perut yang kebas/mati rasa dan perasaan yang tidak nyaman pada periode yang sama.
  • Terjadinya risiko komplikasi seperti halnya operasi lainnya meskipun angkanya jarang. Komplikasi operasi bisa berupa infeksi, pendarahan di bawah flap kulit atau terbentuknya kumpulan cairan di bawah kulit atau seroma. Jika pasien memiliki faktor risiko seperti Diabetes Melitus atau penyakit jantung, paru-paru atau penyakit hati hal ini akan menggangu penyembuhan luka dikarenakan gangguan peredaran darah pada daerah operasi.
  • Pada tindakan ini harus diingat bahwa parut yang dihasilkan cukup panjang . Tergantung pada dengan banyaknya flap kulit lemak yang dibuang. Walaupun dokter bedah plastik telah melakukan tindakan sayatan dan penjahitan yang akan membuat parut samar dan tersembunyi. Dokter bedah plastik akan memberikan sejumlah instruksi untuk dilakukan terapi sendiri di rumah agar membantu hal tersebut.

Adakah kontraindikasi?
Selain efek samping, hal lain yang perlu dipertimbangkan para wanita sebelum tummy tuck adalah kontraindikasi. Dalam tindakan tummy tuck ini didapati kontraindikasi apabila dalam pengencangan otot perut dokter bedah plastik menilai terdapat sekumpulan lemak di dalam dinding rongga perut dan bukan di atas otot perut. Kontraindikasi lain jika pasien berencana akan hamil.
Persiapan sebelum tummy tuck
Sebelum melakukan tummy tuck dokter bedah plastik akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh termasuk pemeriksaan penunjang seperti periksa darah dan sebagainya. Pada kasus-kasus tertentu dokter juga akan meminta pasien yang mengonsumsi obat seperti obat pengencer darah dan semacamnya untuk menghentikannya sementara waktu. Pada pasien yang memiliki kebiasaan merokok diminta untuk menghentikan karena akan mengganggu proses penyembuhan.
Begitupun setelah dilakukan abdominoplasty, pasien biasanya diminta memakai korset khusus selama 3-6 bulan. Pada setiap individu rentang waktu yang dibutuhkan untuk memakai korset akan berbeda. Dibutuhkan waktu untuk beristirahat setidaknya 1-2 minggu untuk proses pemulihan. Pasien juga akan diminta untuk kontrol teratur, agar dokter dapat memantau bekas operasi.
Setelah memperoleh informasi lengkap tentang tummy tuck. Sudah yakinkah Anda untuk tetap melakukan tummy tuck? Jika ya, tentukan dokter bedah plastik yang akan mendampingi dan pastikan Anda berada di tangan ahlinya.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version