Menginjak usia kehamilan 30 minggu, persalinan seakan sudah di depan mata. Pertanyaannya, apa saja yang harus disiapkan?
1. Nutrisi saat hamil

Ketika mengetahui Anda hamil, perasaan senang menyelimuti hati. Semua persiapan dilakukan untuk menanti kehadiran sang buah hati, tidak terkecuali nutrisi selama kehamilan. Anda harus makan makanan yang bergizi karena si kecil memperoleh nutrisi dari pembuluh darah Anda. Saat persalinan, anda juga membutuhkan banyak energi. Biasakan makan-makanan bergizi dan tepat waktu.

 
2. Pemeriksaan rutin

Pemeriksaan kandungan dilakukan 1 kali seminggu menjelang persalinan. Pemeriksaan rutin meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan bila ada pembengkakan pada tangan dan kaki, serta pemeriksaan rongga perut. Ketika berkunjung ke dokter, ungkapkan segala hal yang ingin Anda ketahui tentang kehamilan dan persalinan Anda.

3. Jangan lupa berolahraga

Lakukan olahraga dengan intensitas ringan, misalnya jalan kaki atau renang, seminggu 2 kali. Anda juga bisa mengikuti senam hamil. Senam hamil bermanfaat melancarkan persalinan.

4. Memilih jenis persalinan

Perlukah hal ini? Setiap wanita tentunya mendambakan persalinan normal, tetapi banyak juga alasan medis yang mengharuskan ibu melahirkan secara cesar.

5. Perbanyak informasi

Hal yang lumrah bila kekhawatiran dan ketakutan meliputi Anda jelang persalinan, apalagi bila ini merupakan persalinan pertama Anda. Untuk itu, perbanyak informasi mengenai persiapan persalinan, bila perlu konsultasikan dengan dokter. Anda juga bisa memperkaya diri dengan informasi seputar ASI, yang nantinya dapat membantu ketika menyusui buah hati tercinta.

6. Perlengkapan yang diperlukan di rumah sakit
Untuk ibu:

  •  pembalut wanita khusus untuk bersalin
  • gurita atau korset untuk ibu baru bersalin
  • baju tidur, sebaiknya dengan kancing di bagian depan guna mempermudah menyusui
  • 1 set baju untuk Anda pulang
  • pakaian dalam yang nyaman
  • alas kaki, untuk menjaga kaki Anda tetap hangat
  • perlengkapan mandi

7. Persiapan bagi bayi:
Biasanya keperluan bayi disediakan oleh rumah sakit. Anda cukup menyediakan persiapan untuk pulang dari rumah sakit, seperti popok, kaos kaki dan tangan, selimut, dan pakaian bayi.
Sebaiknya perlengkapan untuk ibu dan bayi ini sudah dimasukkan dalam satu tas, jadi ketika waktu bersalin tiba tidak perlu repot lagi menyiapkannya. Tentunya hal ini juga perlu dikomunikasikan oleh pasangan atau keluarga dekat.
Selain hal-hal di atas. Jangan lupa banyak istirahat dan jauhi stres. Ingat, ada si buah hati dalam kandungan Anda, kesehatan adalah investasi kesehatannya juga.
Referensi:

  • Jane MacDougall. Pregnancy week by week. Erlangga. 2003

 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version