[pullquote]Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, membuat katering dengan menu sehat semakin dilirik orang.[/pullquote]
[dropcap]M[/dropcap]enyantap makanan sehat dan segar setiap hari tentu bermanfaat bagi kesehatan. Tapi ketika kesibukan membatasi waktu, Anda tak sempat memasak atau menyiapkan menu untuk diri sendiri dan keluarga. Salah satu alternatif adalah memilih katering yang menyajikan menu sehat.
Menurut Jocelyn Halim, BSc MND MHM, Direktur SlimGourmet, katering sehat menyajikan makanan bergizi yang diolah dari bahan makanan segar serta dihidangkan dengan porsi sesuai dan disediakan perusahaan katering sehat untuk klien sesuai kebutuhannnya. Tidak hanya itu pada perusahaan katering sehat, menu-menu disusun oleh nutrisionis untuk memastikan klien  menerima makanan yang bergizi dan juga bervariasi.
Di katering sehat semua makanan yang disajikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap klien untuk mencapai tujuan kesehatan seperti yang diharapkan klien. Selain hal tersebut masalah ketepatan waktu dalam pengantaran makanan juga menjadi perhatian guna memastikan klien dapat menjalani meal plan dengan mengonsumsi makanan secara tepat waktu.
Menjadi member katering sehat
Dalam proses registrasi member, SlimGourmet selaku perusahaan katering sehat selalu meminta informasi kesehatan calon klien. Dalam hal ini sang calon yang ingin menjadi member harus memberikan informasi menyangkut berat-tinggi badan, alergi yang dimiliki, kondisi medis klien serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Hal senada juga disampaikan Artha M.S dari Prima Diet Catering bahwa yang perlu ‘ditangkap’ dari calon member adalah makanan apa yang tidak disukai dan juga hasil pengecekan rutin kesehatan setiap 1-3 bulan sekali untuk menyesuaikan kebutuhan klien.
Keistimewaan katering sehat
Berbeda dengan katering pada umumnya, katering sehat selain didukung oleh chef-chef yang handal juga diperkuat oleh beberapa ahli nutrisi. Para ahli nutrisi ini bertugas untuk mengatur jenis diet klien dan menghitung kebutuhan kalori yang kemudian diaplikasikan ke dalam menu.
Market katering Sehat
Baik SlimGourmet maupun Prima Diet Catering melayani katering sehat membidik kalangan anak-anak maupun dewasa. SlimGourmet yang sudah berdiri dari sejak tahun 2011 ini tidak hanya menyediakan makanan sehat untuk klien yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi juga untuk klien yang ingin menaikkan atau menjaga berat badan. Sementara untuk Prima Diet Catering, kliennya berkisar dari usia 13-84 tahun.
Proses memasak di katering sehat
Proses memasak di SlimGourmet mengikuti prosedur food safety dan sanitasi untuk mencegah berkembangnya bakteri dan terjadinya keracunan makanan. Standar kebersihan dimulai dari kebersihan kru kitchen sebelum mereka memasuki daerah dapur. Kru kitchen diharuskan untuk menjaga kebersihan badan dan menggunakan seragam kerja yang bersih dan komplit, termasuk sarung tangan, hairnet, dan masker.
Selain kebersihan kru, proses memasak di SlimGourmet juga tak luput dari perhatian. Cara pengolahan yang benar mempunyai peran yang penting dalam menjaga kandungan nutrien pada makanan agar tidak hilang pada saat pengolahan. Dalam hal ini bahan makanan tidak dianjurkan untuk diolah terlalu lama dan semua bahan makanan sebaiknya diolah dan dikonsumsi pada hari yang sama. Sumber protein hewani, seperti daging sapi, ayam, dan ikan juga diolah sampai matang dengan menggunakan suhu dan proses yang tepat.
Sementara di Prima Diet Catering dalam proses pengolahan dan penyajian makanan menerapkan beberapa hal seperti :

  • Mencuci sayuran di air mengalir
  • Sayuran seperti brokoli direndam dengan air garam
  • Sayuran untuk salad dibersihkan dengan air soda
  • Menu yang disajikan lebih banyak ditumis, dipanggang dan dikukus
  • Gorengan hanya diberikan dua minggu sekali.

Bahan makanan yang digunakan
Dalam menyajikan makanan sehat dan berkualitas, perusahaan-perusahaan katering sehat menawarkan menu makanan yang diolah dan diproses dari bahan-bahan segar tanpa menggunakan MSG serta bebas peptisida. Menu-menu yang dihadirkan di katering sehat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien.
Menu yang ditawarkan cukup beragam, SlimGormet menawarkan menu Indonesia, western, oriental, bahkan mediteranian. Di SlimGourmet tidak pernah menyajikan menu yang sama hingga 3 bulan berikutnya, kecuali atas permintaan klien. Beberapa menu diantarnya adalah Tumis Kembang Tahu Kepang, Daging Balado, Chikuzen Ni, Red Snapper Teppan Style dan lainnya.
Di Prima Diet, paket bento lunch dan dinner yang disajikan untuk klien bisa terdiri dari karbo, lauk hewani, sayur ditambah snack, juice maupun smoothies. Menu-menu seperti ikan panggang kecap, pepes jamur, ayam tumis kacang pede, nasi goreng Vietnam, beef schietzel mixed vegetable sauted merupakan menu-menu yang ditawarkan perusahaan katering ini.
Emilia Nursanti Wibisono – Owner & founder Organik Klub
 Makanan Sehat Berasal dari Bahan yang Jelas
Menyoal makanan sehat, tidak akan terlepas dari komposisi bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Dalam makanan yang sehat terkandung bahan yang jelas asal usulnya seperti halnya bahan-bahan organik. Bahan makan organik beragam mulai dari sayur-mayur, buah, ikan maupun daging.
Bahan makanan organik adalah bahan makanan yang dalam proses penanamannya bebas dari unsur pestisida, bebas pupuk, obat hama, kimia, logam berat, hormon pertumbuhan serta bebas dari rekayasa genetika. Ciri dari bahan organik adalah lebih enak, lebih segar. Jika produk ternak maka rasanya akan lebih gurih dan kandungan nutrisi lengkap. Bahan makanan organik biasanya memiliki sertifikasi organik.
Buah dan sayur organik adalah buah dan sayur yang proses penanaman ‘dikawal’ dengan jelas. Ayam organik biasanya memerlukan waktu untuk dipanen sekitar 40-45 hari sementara ayam non organik kurang lebih 20 hari sudah siap dipanen. Untuk ikan organik pada umumnya mengonsumsi daun-daunan, sayuran, siput, atau keong dari sawah yang ditumbuk.
Sayur organik lebih baik disajikan secara segar atau mentah. Namun bila terpaksa harus memasaknya usahakan jangan overcook. Jangan menggunakan panci anti lengket dan panci kaca karena ini mempengaruhi kandungan gizi dalam bahan tersebut.
Bagi para ibu yang ingin menghadirkan makanan sehat bagi putra-putrinya sangat dianjurkan untuk memasak. Karena dengan memasak, ibu bisa memastikan proses pengolahannnya maupun kejelasan bahan-bahan yang digunakan. Kalaupun tak sempat memasak paling tidak ibu harus mampu menyajikan smoothies untuk mendukung kebutuhan nutrisi harian putra-putrinya. Smoothies merupakan percampuran buah dan sayur yang diblender tanpa menggunakan susu.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version