[box type=”info”]Waktu istirahat, menyimpan banyak manfaat. Tinggal bagaimana sekolah menerapkan aturan yang tepat dan orang tua mengarahkan kegiatan yang positif bagi anak.
Setiap orang membutuhkan waktu istirahat. Begitu juga dengan anak- anak. Dengan makin padatnya jam belajar di sekolah, ditambah dengan jam masuk sekolah yang lebih awal, tak pelak pentingnya jam istirahat bagi para siswa perlu dikaji kembali.
Apa fungsinya?
Jam istirahat yang dalam bahasa Inggris disebut dengan school recess atau school break ini merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu dimana para siswa berhenti sejenak dari tugastugasnya. Pengadaan jam istirahat seperti ini dicetuskan pertama kali oleh Amos Bronson Alcott, seorang pendidik berkebangsaan Amerika kelahiran tahun 1799, yang menginginkan para muridnya memiliki waktu untuk permainan fisik yang aktif dan waktu untuk mengobrol.
Menurut Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd, jam istirahat sekolah memiliki fungsi menurunkan ketegangan otot-otot dan mengurangi rasa bosan sehingga siswa bisa segar kembali dan siap menerima pelajaran selanjutnya.[/box]
Lalu.. apa manfaat dan berapa lama jam istirahat yang cukup ? Untuk lebih jelasnya, silahkan temukan ulasannya di majalah anakku edisi desember 2011 (Edisi 12/VII/2011).

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version