Negeri yang ada di ujung selatan bumi kita ini memang lebih dikenal dengan buah kiwi dan Suku Maori-nya, namun masih banyak ‘kekayaan’ lainnya yang dimiliki oleh Selandia Baru.

Lylian
Foto: Lylian
Aotearoa, yang berarti ‘the land of the long white cloud’. Begitulah suku Maori menyebut tanah kelahiran mereka tersebut. Namun di mata dunia, tempat ini lebih dikenal dengan nama New Zealand (Selandia Baru). Lanskapnya yang luar biasa indah terekam dalam film The Lord of The Rings dengan ‘harta karun’ yang tersimpan di pelosok kota-kota kecilnya.
Danau Tekapo
Tekapo adalah nama sebuah desa dan danau yang terletak di South Island, di area Mackenzie County antara Christchurch – Queenstown (dua kota besar di South Island). Daerah pedesaan ini biasanya tidak termasuk dalam lokasi tujuan utama pengunjung Selandia Baru, namun karena sering dijadikan tempat transit, Danau Tekapo pun dikenal sebagai city-break yang pantas untuk dikunjungi.
Glacial lake (danau yang terbentuk dari lelehan glacier/gunung salju) ini dikelilingi oleh Southern Alps dengan latar belakang ‘payung’ langit biru dan arak-arakan awan putih. Church of the Good Shepherd, sebuah gereja kecil yang dibangun tahun 1935, terletak di pinggir danau. Dengan permukaan air berwarna biru kristal, bahkan lebih biru dari langit, danau ini sungguh memesona. Meja-meja piknik ditempatkan sedemikian rupa di beberapa lokasi untuk bersantai.
Selain jauh dari kebisingan dan hiruk-pikuk perkotaan, Tekapo juga tunduk pada hukum lokal light-pollution laws. Semua lampu dan pencahayaan eksterior harus diarahkan ke tanah pada malam hari, dilarang mengarah ke langit. Hal ini membuat Danau Tekapo menjadi tempat terbaik di southern hemisphere untuk mengamati langit malam, karena tidak terkontaminasi oleh cahaya buatan.
Anda bisa mengajak si kecil untuk melihat langsung indahnya fenomena langit ini di Mount John Observatory, yang menawarkan wisata Earth & Sky Stargazing. Datanglah 10 hari sebelum atau 5 hari sesudah purnama, dimana langit berada dalam kondisi tergelap, agar lebih banyak bintang yang terlihat.
Ada juga Tekapo Springs (sumber air panas) yang merupakan pusat relaksasi dengan tiga buah hot pools, sauna, steam room dan spa room. Sementara Anda bersantai, si kecil bisa bermain di ice rink dan snow park, yang juga terletak di kompleks yang sama. Wahana hiburan ini bisa dikunjungi sepanjang tahun, saat musim panas akan berubah fungsi menjadi roller skating park dan summer tubing.
Wanaka
Jika Anda mengunjungi Queenstown, jangan lupa menyempatkan diri ke Wanaka, sebuah kota kecil di pesisir Danau Wanaka di Otago Region, South Island. Terletak 70 km jauhnya dari Queenstown, Wanaka memiliki beberapa objek wisata yang bisa menghibur Anda sekeluarga sepanjang hari.
Objek wisata paling terkenal di sini adalah Stuart Landborough’s Puzzling World. Dengan simbol kebanggaan, The Leaning Tower of Wanaka (dengan tingkat kemiringan 53 derajat!) di halaman depannya, jelaslah bahwa tempat ini merupakan ‘rumah’ bagi hal-hal yang aneh namun menarik.
Illusion Rooms memberikan contoh kehebatan dari ilusi optikal. Terbagi menjadi empat lorong/halls (Hologram Hall, Hall of Following Faces, Ames Perspective Room dan Tilted House), semuanya ‘memaksa’ Anda untuk berpikir ‘tak biasa’ dan memandang suatu objek dari perspektif yang berbeda. Yang pasti, di Illusion Rooms ini asyik sekali untuk berfoto seru bersama si kecil.
Objek wisata lain di kota kecil ini adalah Warbirds and Wheels Museum. Cocok untuk anak dan orang dewasa yang tertarik pada mobil klasik serta ragam pesawat tempur. Semua ruang display di museum ini adalah pesawat tempur asli yang dulu benar-benar dipakai oleh para New Zealand Fighter Pilots. Misalnya Hurricane, Skyhawk9, Vampire dan Polikarpov fighter jet.
Jika Anda datang di saat yang tepat, Anda mungkin beruntung untuk menyaksikan Warbirds Over Wanaka. Yaitu sebuah airshow spektakuler, dimana lebih dari 50 aircrafts (pesawat Perang Dunia I, Perang Dunia II, pesawat tempur Korea, pesawat jet Vietnam) unjuk gigi dan terbang di langit Wanaka. Airshow ini diadakan setiap 2 tahun sekali saat libur Paskah.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version