[quote type=”center”]Bayangkan ada dua orang dengan susunan DNA yang mirip. Orang pertama merokok dan senang berjemur di pantai sedangkan yang kedua tidak merokok dan tidak gemar berjemur. Apakah kebiasaan tersebut akan membuat perbedaan pada kedua kulit orang yang kedua? Ya![/quote]

Bahman Guyuron, MD, pakah bedah plastik dari Case Western Reserve University mengamati hal serupa. Mereka yang merokok dan menghabiskan waktu di outdoor tanpa tabir surya akan terlihat beberapa tahun lebih tua dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok dan tidak gemar berjemur.

Selain itu, orang pertama akan memiliki garis-garis halus, keriput yang lebih dalam dan lebih banyak, serta kulit berbintik-bintik yang muncul lebih dini. Karena itu ada baiknya bila Anda termasuk jenis orang pertama,  biasakan untuk mengoleskan tabir surya yang menangkal pancaran sinar matahari yaitu losion yang dapat menangkal tabir surya (UV-A dan UV-B) serta mengandung SPF 30, meskipun dalam cuaca mendung sekalipun. Oleskan kembali tabir surya setiap 2-3 jam sekali jika sedang beraktivitas di luar ruangan.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version