Kulit bayi cenderung sensitif, perawatan yang kurang tepat menyebabkan kulit kering.

“Kulit bayi tipis dan amat rentan terhadap iritasi, karenanya perawatan kulit bayi butuh perhatian khusus,” kata Bruce Brod. Spesialis kulit anak dari Philadelphia ini menekankan bahwa perawatan terbaik adalah perawatan yang sifatnya simpel.
Dokter kulit anak di Mayo Clinic, Megha Tollefson menambahkan bahwa produk perawatan untuk bayi yang paling aman adalah bebas pewangi, bebas paraben dan formaldehid pada label di kemasannya. Paraben adalah zat pengawet yang biasanya digunakan pada produk kosmetik. Demikian juga formaldehid, masyarakat lebih mengenalnya sebagai formalin.
Sayangnya, banyak yang salah persepsi dalam memilih produk perawatan bayi, misalnya memilih sabun yang wangi dan berbusa banyak. Ini keliru, justru sebaliknya hindari produk yang berbusa dan wangi.
Perlukah pelembab?
Bahan pelembab untuk bayi yang dikenal antara lain baby lotion, baby cream, dan baby oil. Bahan-bahan tersebut ditujukan untuk memeprtahankan kelembaban kulit, terutama bagi yang tinggal di daerah beriklim dingin dengan kelembaban udara rendah. Di negara tropis dimana kelembabannya tinggi penggunaan pelembab nyaris tidak diperlukan. Bahkan penggunaan yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit dan mengundang biang keringat pada bayi baru lahir.
Bagaimana dengan penggunaan sunblock?
Paparan sinar matahari terlalu dini menempatkan bayi pada risiko kanker kulit di kemudian hari. Kulit bayi memiliki lebih sedikit pigmen yang melindunginya dari matahari. Hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga 3 sore. Jika ingin menjemur bayi, usahakan di bawah jam 8 pagi.
Tip: Mengatasi kulit kering pada bayi

  • Hindari memandikan si kecil terlalu lama, gunakan sabun bebas parfum dan pengawet.
  • Oleskan pelembab, bila perlu. Pilih produk yang aman, dengan kandungan bahan alami.
  • Pastikan kebutuhan si kecil akan cairan mencukupi, dengan memberikan ASI atau cairan lain.

Referensi:

  • www.webmd.com/parenting/treat-diaper-rash-16/baby-skin-care
  • Siti Aisah Boediardja, dkk. Perawatan Kulit pada Bayi dan Balita. FKUI, 2000.
Share.

Comments are closed.

Exit mobile version