Musim penghujan telah tiba, ayo sedia jas hujan dalam tas Anda

Akhir tahun identik dengan musim hujan. Kadang cuaca tak menentu dan sulit diduga, pagi panas terik, menjelang sore hujan deras. Untuk amannya, bawa selalu jas hujan dalam tas anak. Sediakan beberapa jas hujan, agar semua anggota keluarga kebagian. Bagaimana memilih jas hujan yang baik?
Berbahan PVC
Jas hujan yang berbahan PVC (polyvinyl chloride) lebih kedap air dibanding berbahan plastik ataupun parasut. Bahan PVC pori-porinya rapat, sehingga air hujan sulit menembus.
Pilih model press
Pastikan jas hujan menggunakan teknik press dalam sambungannya, bukan sistem jahit. Karena dalam sistem jahit, masih ada celah yang memungkinkan air masuk.
Pilih resleting yang kuat
Bahan tembaga atau kuningan adalah bahan yang kuat untuk resleting. Sebaliknya, bahan dari plastik akan mudah rontok atau longgar pada beberapa kali pemakaian, terutama di bagian tengahnya.
Pilih warna terang
Fungsi lain dari jas hujan adalah fungsi keamanan. Saat hujan, pandangan sering terbatas, terutama pengguna kendaraan mobil atau motor, sehingga butuh warna-warna terang agar mudah dikenali, serta meningkatkan keamanan untuk diri sendiri dan orang lain disaat hujan.
Pilih model setelan
Model ini lebih tahan terhadap angin kencang, dan aman bila digunakan oleh pengendara motor, karena tidak ada bagian yang berjuntai. Ingat, jas hujan yang terlalu panjang dapat membahayakan karena dapat masuk ke roda. Tapi ingat, jangan membeli yang terlampau pas dengan badan, karena Anda butuh ruang untuk tas atau bawaan Anda.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version