Dear Dokter,
Semula saya memiliki tiga orang putri kecil, usia 7, 5, dan 3 tahun. Sebulan lalu putri tengah saya meninggal dunia akibat kanker darah. Keluarga kecil kami seperti mendapat bencana yang sangat besar. Rasa sedih berkepanjangan. Saya berusaha semua aktivitas harian mengalir seperti biasa, Dok. Namun rupanya kepergian si tengah yang punya sifat ceria ini meninggalkan ‘luka’ bagi dua putri kami lainnya. Mereka kini lebih pendiam. Saya amat kuatir melihat kondisi ini. Adakah saran bagi kami? Terima kasih.
Andien Haryanti – Bandung
=================================================================================
Terima kasih Ibu Andien untuk pertanyaannya. Pertama-tama saya ingin mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.
Keluarga yang mengalami duka cita karena kehilangan mendadak dari salah satu anggota keluarga seringkali dilanda kesedihan yang mendalam dan perasaan tidak percaya. Kondisi ini disebut sebagai reaksi duka cita (grieving). Kondisi ini merupakan hal yang wajar dan setiap orang membutuhkan waktu untuk pulih kembali. Begitu pula dengan kedua anak Ibu, mereka membutuhkan waktu untuk bisa menerima kondisi tersebut. Ada anak yang cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu lama, namun jika berkepanjangan serta mengganggu fungsi sehari-hari maka kondisi tersebut harus segera diatasi agar tidak menjadi gangguan depresi atau gangguan mental lainnya.
Saya sarankan agar anak segera diajak untuk kembali ke rutinitas semula dan berikan mereka kegiatan-kegiatan yang menarik serta menyita waktu sehingga mereka kembali ke pola kehidupan yang biasa dijalani serta ditambahkan kegiatan lain yang penuh dengan kegembiraan. Selain itu beri contoh kepada mereka bahwa sebagai orangtua, Ibu Andien dan suami mampu mengatasi beban perasaan tersebut dan tetap aktif setiap harinya. Perlu juga berkomunikasi dengan mereka bahwa sang adik atau kakak sudah berada di tempat lain dan tidak mungkin kembali sehingga kedua anak Ibu belajar untuk memerina keadaan yang ada. Semoga semua itu dapat mengatasi rasa sedih mereka dan pulih serta kuat dalam menghadapi hari mendatang. Salam

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version